Update Terkini Kondisi Jepang Pasca Gempa M 7,3

Gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo mengguncang Jepang bagian timur pada hari Rabu malam (16/3/22). Simak kondisi terkininya dibawah!

Update Terkini Kondisi Jepang Pasca Gempa M 7,3
Kondisi Jepang Pasca Gempa M 7,3. Gambar: Dok. Associated Press

BaperaNews - Gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo mengguncang Jepang bagian timur pada hari Rabu malam 16 Maret 2022, gempa tersebut  menyebabkan pemerintah setempat mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Jepang, pusat gempa berada di pantai wilayah Fukushima dengan kedalaman 60 km, memicu tsunami di bagian pantai timur laut, lantas bagaimana kondisi Jepang saat ini setelah dilanda gempa?

Berikut kami rangkai rangkuman informasi terbarunya : 

  1.       Peringatan Tsunami 1 Meter

Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan kemungkinan adanya gelombang tsunami setinggi 1 meter di bagian pantai timur laut. Sesaat setelah gempa, terjadi tsunami ringan setinggi 30 cm di Miyagi, penduduk setempat dihimbau untuk menghindari pantai.

  1.       Aliran Listrik putus

Gempa juga membuat aliran listrik jutaan masyarakat terputus, sekitar 2 juta rumah warga putus listriknya akibat gempa, akibatnya operasional kereta di Jepang juga terganggu dimana Jepang memiliki alat transportasi utama salah satunya kereta cepat dengan tenaga listrik.

  1.       Pembangkit Nuklir Masih Aman

Pembangkit Nuklir di Fukushima dinyatakan masih aman setelah gempa mengguncang, pihak berwenang mencabut peringatan tsunami beberapa jam setelah gempa melanda, dan aliran listrik pun bisa kembali dihidupkan, meski tidak membuat banyak kerusakan, gempa tersebut tetap saja membuat masyarakat panik.

Baca Juga: Aturan HET Resmi Dicabut, Harga Minyak Goreng Naik, Stok Langsung Melimpah

  1.       Korban Meninggal Dunia

Gempa yang terjadi membuat satu orang meninggal dunia, namun tidak dijelaskan secara detail sebab dan identitas korban, sementara itu, Kemenlu RI memastikan semua warga Indonesia yang ada di Jepang dalam kondisi aman dan selamat. “Info dari KBRI Tokyo, mereka sudah menghubungi simpul masyarakat yang tinggal disana dan sejauh ini semuanya dalam kondisi aman, mereka baik” ujar Jubir Kemenlu Indonesia, Teuku Faizasyah.

  1.       Kerusakan Akibat Gempa

Meski tidak menyebabkan banyak kerusakan, gempa tetap saja berimbas pada sejumlah bangunan di Fukushima, laporan dari AFP pada Kamis 17 Maret 2022 menyebutkan kerusakan terjadi di kereta peluru Shinkansen karena tergelincir di utara Fukushima, dinding batu kastil di Sendai Aoba runtuh, juga sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

  1.       Resiko Gempa Susulan

Pihak berwenang Jepang sedang bekerja memperbaiki kerusakan yang terjadi dan memberi peringatan untuk masyarakat tentang potensi gempa susulan. “Panggilan membanjiri polisi dan ambulans, kami melakukan yang terbaik untuk memperbaiki kerusakan, gempa susulan sering terjadi beberapa hari setelah gempa pertama, jadi harap semuanya menjauh dari bangunan yang runtuh dan tempat beresiko lainnya” ujar Jubir Pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 7 Tersangka Teroris Jaringan JI Dan ISIS