Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia Di Usia 96 Tahun

Kabar duka datang dari kerajaan Inggris, lantaran ratu Inggris yang sudah menjabat selama 70 tahun yakni ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun.

Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia Di Usia 96 Tahun
Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Gambar : Reuters/Dok. Pool

BaperaNews - Ratu Inggris, Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9). “Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini” bunyi pernyataan resmi Istana Buckingham. Ratu Elizabeth II meninggal dunia dengan tenang, dikelilingi oleh orang-orang tercinta.

Beberapa hari belakangan, kondisi kesehatannya memburuk. Bahkan tim dokter kerajaan menyebut Ratu Elizabeth II selalu dalam berada pantauan medis selama 24 jam. Keluarga yang mengetahui segera bergegas menuju Balmoral. Ada pangeran Charles dan istrinya, Pangeran William, Putri Anne, Pangeran Harry, dan keluarga Inggris lainnya mendampingi Ratu Elizabeth II di saat-saat terakhirnya.

Usai berita kematian Ratu Elizabeth II diumumkan, Ratusan warga Inggris berkumpul di luar gerbang istana dan beberapa mulai menangis. Suara nyanyian “God save the queen” terdengar diantara warga yang berkumpul. Istana dan seluruh gedung di Inggris juga memasang bendera setengah tiang sebagai bentuk bela sungkawa.

Diketahui Ratu Elizabeth II ialah penguasa lama di Inggris dan juga pemimpin tertua di dunia, ia telah memimpin selama 70 tahun, ia menderita apa yang disebut oleh Istana Buckingham “masalah mobilitas episodik” sejak akhir tahun lalu, ia juga diminta untuk mengurangi keterlibatannya di area publik.

Baca Juga : Pangeran Charles Gantikan Ratu Elizabeth II, Simak Daftar Pewaris Tahta Kerajaan Inggris

Dalam kondisinya yang sakit, Ratu Elizabeth II masih sempat untuk menerima audiensi dari PM Inggris yang baru Liz Truss di retret Balmoral yang berada di dataran tinggi Skotlandia. Kedatangan Truss bukanlah hal yang biasa, sebab biasanya audiensi dilakukan di luar area itu.

Ketika berdialog dengan Ratu Elizabeth II, Truss sempat menyampaikan bahwa seluruh negeri prihatin dengan berita kesehatan Ratu Elizabeth II yang terus memburuk. Momen terakhir audiensi di luar Buckingham ialah pada tahun 1952 dimana PM Inggris masa itu Winston Churchill bertemu Ratu Elizabeth II di Bandara Heathrow usai kematian ayahnya Raja George VI.

“Kematian ibuku yang tercinta, yang mulia Ratu adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya” ujar Raja baru yang merupakan putra sulung Elizabeth II, Charles.

Pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II akan dilaksanakan 10 hari sejak hari kematiannya di Westminster Abbey yang berada di Kapel Memorial Raja George VI, Kapel St George Windsor. Ratu akan dimakamkan bersama orang tua dan saudara perempuannya.

Jenazah suaminya, Pangeran Philips yang meninggal dunia pada April 2021 silam akan dipindahkan dari Royal Vault agar keduanya bisa berbaring bersama. Selamat Jalan Ratu Elizabeth II.

Baca Juga : Nasib Istri Eks PM Malaysia: Hidung Rusak Karena Operasi, Kini Dipenjara 10 Tahun