NASA : Asteroid Raksasa Sebesar Monas Dekati Bumi

Asteroid raksasa yang diberi nama CL3 diperkirakan akan melintas di dekat bumi pada akhir Mei 2023.

NASA : Asteroid Raksasa Sebesar Monas Dekati Bumi
Asteroid raksasa sebesar monas dekati bumi. Gambar : Nasa/Dok. Johns Hopkins APL/Reuters

BaperaNews - Asteroid raksasa yang diberi nama CL3 diperkirakan akan melintas di dekat bumi pada akhir Mei 2023. Seberapa dekat jarak lintasannya dengan bumi?

Benda langit ini diperkirakan memiliki lebar 656 kaki atau 199,949 meter dimana ukurannya kurang lebih dua kali Monas Jakarta yang tingginya 132 meter.

NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat) menyebut sudah memasukkan CL3 ke dalam daftar benda langit yang diperkirakan mendekati bumi (Earth Close Approaches).

Menurut NASA, asteroid itu beresiko merusak bumi jika sampai menabrak bumi, dijelaskan dalam daftar tersebut bahwa CL3 berukuran 2 kali lipat dari Patung Liberty di New York yang besarnya sekitar 93 meter.

CL3 diperkirakan lewat di dekat bumi tepatnya pada 24 Mei 2023 dengan jarak 4,5 juta mil. Jarak tersebut memang kedengarannya sangat jauh, namun pada lingkup dunia luar angkasa, jarak tersebut termasuk dekat.

Selain CL3, ada pula dua asteroid lain yang berukuran besar yang diduga juga akan mendekati bumi dalam waktu dekat yakni asteroid HT4 berlebar 76 meter atau seukuran gedung mendekati bumi pada 12 Mei 2023 dengan jarak 6,07 juta km serta JG yang lebarnya 49 meter atau seukuran pesawat terbang komersial mendekati bumi pada jarak 7,1 juta km pada 13 Mei 2023.

Baca Juga : 6 Daftar Fenomena Astronomi yang Terjadi Pada Tahun 2023

Sejumlah ahli khawatir bumi belum siap pertahankan diri dari asteroid dekati bumi tersebut yang berpotensi mematikan jika sampai menabrak bumi. Kekhawatiran juga diungkap oleh CEO SpaceX Elon Musk.

“Sebuah batu besar akan menghantam bumi dan pada akhirnya saat ini kita tidak punya pertahanan” tutur Elon.

NASA sedang berusaha mencari sistem pertahanan untuk bumi agar bisa bertahan jika dilewati asteroid raksasa salah satunya dengan meluncurkan misi Uji Pengalihan Asteroid Ganda pada tahun 2022 lalu. Percobaan ini membuktikan bahwa NASA mampu memperingatkan adanya orbit asteroid bernama Dimorphos.

Daftar Asteroid Raksasa Melintas Dekat Bumi Pada Mei 2023 :

  • CL3 berukuran 199,949 meter pada 24 Mei 2023
  • HT4 berukuran 76 meter pada 12 Mei 2023
  • JG berukuran 49 meter pada 12 Mei 2023

Jika sampai asteroid bertabrakan dengan bumi, yang mungkin terjadi ialah asap dari tabrakan akan naik ke atmosfer bumi dan menghalangi pancaran sinar matahari ke bumi, hal ini membuat suhu bumi menurun ekstrim dan berdampak kematian banyak makhluk hidup. Sebagaimana cerita tentang dinosaurus yang punah ratusan juta tahun lalu karena saat itu bumi ditabrak oleh asteroid raksasa.

Baca Juga : Asteroid Raksasa Akan Tabrak Bumi Saat Hari Valentine Tahun 2046