Tidak Penuhi Perjanjian, Elon Musk Batal Beli Twitter 44 Miliar Dollar AS

Elon Musk kabarnya akan batal beli Twitter dengan harga 44 Miliar Dollar AS karena pihak Twitter tidak penuhi perjanjian yang sudah disepakati.

Tidak Penuhi Perjanjian, Elon Musk Batal Beli Twitter 44 Miliar Dollar AS
Elon Musk kabarnya akan batal beli Twitter dengan harga 44 Miliar Dollar AS karena pihak Twitter tidak penuhi perjanjian yang sudah disepakati. Gambar : AFP/Dok. Joe Raedle

BaperaNews - Elon Musk telah membatalkan kesepakatan yang dibuatnya terkait dengan rencana pembelian Twitter dengan nominal 44 miliar dollar AS pada Jumat, 8 Juli 2022, waktu AS.

Penyebab Elon Musk batal beli Twitter karena pihak dari Twitter sendiri tidak penuhi perjanjian yang sudah disepakati bersama sejak awal. 

Hal itu membuat Elon Musk kesal dan menilai salah satu perusahaan media sosial itu diketahui melanggar perjanjian dan gagal dalam memberikan detail informasi mengenai akun palsu pada platform mereka itu.

Dampak dari keputusan yang dibuatnya, membuat nilai saham Twitter menjadi menurun 6 persen dalam ruang lingkup perdagangan yang diketahui telah diperpanjang pada hari yang sama.

Dalam proses pengajuan pembatalannya kepada pihak Komisi Sekuritas dan Bursa AS, pihak pengacara dari Elon Musk menjelaskan bahwa pihak Twitter telah melanggar perjanjian dan gagal memberikan tolakan untuk menanggapi beberapa permintaan terkait dengan informasi tentang akun palsu atau spam yang terdapat di dalam platform tersebut.

Padahal, akun palsu atau spam menjadi dasar dari kinerja pada bisnis perusahaan. Sebelumnya, Elon Musk telah memberikan ancaman akan menghentikan kesepakatan yang dibuatnya kecuali perusahaan tersebut bisa menunjukkan bukti nyata bahwa akun spam dan bot bisa mencapai angka kurang dari 5 persen pengguna yang menyaksikan langsung iklan di layanan media sosial.

Baca Juga : Imbas Kasus Pembatalan Kesepakatan, Twitter Tuntut Elon Musk

Bulan lalu, pihak Twitter telah memberikan izin kepada Elon Musk untuk bisa mengakses firehouse, yang mana menjadi gudang data mentah dari total ratusan juta kicauan dalam rentang waktu harian.

Sementara itu, pihak Twitter hingga kini belum memberikan tanggapan lebih lanjut terkait dengan permintaan tersebut. 

Dalih Elon Musk Batal Beli Twitter

Perusahaan yang dipimpin oleh Parag Agrawal telah melanggar perjanjian yang dibuat terkait dengan akun bot. Untuk detailnya sendiri, terdapat 3 dalih penyebab Elon Musk batal beli Twitter, antara lain :

1.Terdapat Informasi Palsu Soal Akun Bot

Elon Musk memberikan tudingan terhadap pihak Twitter telah menyesatkan para investor hingga penggunanya terkait dengan jumlah akun palsu yang beredar di platformnya. Yang mana diperkirakan terdapat kurang dari 5 persen saja.

2.Tak Diberikan Akses ke Pusat Data

Pihak Elon Musk juga mengungkapkan bahwa mereka tak diberikan akses yang cukup untuk melakukan eksplorasi ke pusat data.

3.Diketahui, Terdapat Data Pengguna yang Tak Murni

Menurut laporan terdapat akun yang sudah ditangguhkan, ternyata dimasukkan dalam nomor pengguna aktif harian sehingga bisa dimonetisasi.