MRT Bundaran HI-Kota Ditargetkan Beroperasi Mulai 2027

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa target beroperasinya MRT fase 2A rute Bundarahan HI - Kota dimulai pada tahun 2027.

MRT Bundaran HI-Kota Ditargetkan Beroperasi Mulai 2027
MRT Bundaran HI-Kota Ditargetkan Beroperasi Mulai 2027. Gambar : Dok. Setpres

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan target beroperasinya MRT fase 2A pada tahun 2027. Meskipun menyadari bahwa proyek MRT bukanlah pekerjaan mudah, terutama karena dilakukan di tengah keramaian Jakarta, Jokowi menyatakan bahwa progres pembangunan sudah berjalan di atas target yang ditetapkan.

"Ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus bekerja di dalam keramaian Jakarta juga yang di bawah waktu membuat tunnel terowongannya juga bukan sesuatu yang gampang, tapi progresnya sudah di atas target," ungkap Jokowi seusai meninjau proyek MRT Jakarta Fase 2A di Stasiun MRT Monas, Jumat (15/12/2023).

Proyek pembangunan MRT Bundaran HI-Kota dinilai Jokowi berjalan dengan baik dan telah melampaui target yang dicanangkan. Hingga saat ini, progres pembangunan telah mencapai 28,4 persen, melebihi target awal yang ditetapkan sebesar 27 persen.

"Jadi untuk fase 2A dari Bundaran HI menuju ke Kota dari target perencanaan 27 persen sekarang sudah mencapai 28,4 persen, lebih dari target, saya kira bagus," ujarnya.

Baca Juga : IKN Akan Bangun MRT hingga Kereta Cepat Setelah Tahun 2024

Dalam peninjauannya, Jokowi juga melihat terowongan dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI). Setelah fase 2A selesai, proyek ini akan dilanjutkan ke fase 2B, yang menghubungkan dari Kota menuju Ancol.

"Tinggal nanti diteruskan ke yang fase 2B dari Kota ke Ancol," tambahnya.

Namun, terkait rencana pembangunan MRT dari timur ke barat, Jokowi menyatakan bahwa semuanya masih dalam proses dan keputusan akan segera diambil setelah melakukan perhitungan dan studi.

"Kalau hitung-hitungan, kalau kalkulasi studinya sudah rampung semua, langsung kita putuskan. Karena memang Jakarta membutuhkan transportasi massa yang terintegrasi bukan sendiri-sendiri," tutur Jokowi.

Peninjauan MRT fase 2A ini turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat.

Baca Juga : Daftar Rute MRT Fase III, Tangerang hingga Bekasi