Konten Skibidi Toilet Bahaya Bagi Anak, Begini Pencegahannya

Skibidi Toilet, serial animasi YouTube yang baru-baru ini viral di TikTok, menimbulkan kekhawatiran di kalangan orang tua. Simak selengkapnya!

Konten Skibidi Toilet Bahaya Bagi Anak, Begini Pencegahannya
Konten Skibidi Toilet Bahaya Bagi Anak, Begini Pencegahannya. Gambar : Dok. Jawapos.com
BaperaNews - Konten yang viral di media sosial seringkali menjadi tren di kalangan anak-anak, tetapi tidak semua tren tersebut aman.
Salah satu tren terbaru yang mencuat adalah konten Skibidi Toilet, sebuah serial animasi YouTube yang baru-baru ini menjadi viral di media sosial TikTok.
Meskipun terlihat menggemaskan, namun para orangtua diingatkan bahwa  konten ini mungkin tidak selalu aman bagi anak-anak.
 
Skibidi Toilet, yang dibuat oleh animator bernama DaFuqBoom (Alexey), awalnya diinspirasi oleh video TikTok dari pengguna lain, Paryss Bryanne. Serial animasi ini, yang menggunakan teknologi Source Filmmaker, telah mendapatkan lebih dari 20 juta penonton di YouTube sejak Season pertamanya tayang.
 
Namun, ketika konten Skibidi Toilet mulai menyebar luas di TikTok, banyak anak-anak terdorong untuk meniru adegan-adegan lucu dari animasi tersebut.
Beberapa akun TikTok bahkan memberikan peringatan kepada orangtua bahwa kontennya mungkin tak cocok untuk anak-anak. Terlihat bahwa anak-anak meniru adegan seperti memasukkan tong sampah dan kardus ke dalam toilet.
 
Anak-anak belum sepenuhnya memiliki kemampuan untuk memahami atau membuat keputusan dari apa yang mereka tonton. Oleh karena itu, animasi ini dianggap berpotensi berbahaya.

Bagaimana Orang Tua Dapat Mencegahnya?

 Orang tua memiliki peran penting dalam menjaga anak-anak dari dampak negatif konten media sosial, terutama yang tidak sesuai dengan usia mereka. Berikut beberapa langkah yang dapat diambil oleh orang tua:
 
1. Batasan Penggunaan Media Sosial: Tetapkan batasan penggunaan media sosial sesuai dengan usia anak. Jelaskan mengapa pembatasan tersebut diperlukan untuk melindungi mereka.
 
2. Perjanjian Waktu Penggunaan: Buat perjanjian waktu penggunaan media sosial agar anak-anak tahu kapan mereka boleh menggunakan perangkat tersebut dan untuk berapa lama.
 
3. Fitur Parental Control: Manfaatkan fitur parental control yang disediakan oleh platform media sosial untuk mengontrol dan memantau aktivitas anak-anak.
 
4. Komunikasi Terbuka: Bangun komunikasi yang baik dengan anak-anak. Ajak mereka berbicara tentang konten yang mereka tonton dan jelaskan potensi bahayanya.
 
5. Aktivitas Dunia Nyata: Dorong partisipasi anak-anak dalam kegiatan dunia nyata. Ini dapat membantu mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar.

Apa sih sebenarnya Skibidi Toilet?

Skibidi Toilet adalah sebuah serial animasi YouTube yang menggambarkan cerita fantasi aneh tentang "pasukan toilet" yang ingin menguasai dunia.
Serial ini memiliki alur cerita yang unik di mana sosok kepala manusia muncul dari dalam lubang toilet dan bertarung dengan orang-orang yang memiliki kepala dari berbagai objek seperti kamera dan televisi.
Meskipun tanpa dialog yang jelas, Skibidi Toilet telah menarik perhatian jutaan penonton di platform YouTube.