Kalah dari Timnas Indonesia U 16, Pelatih Vietnam Protes Wasit

Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022 usai kalahkan Vietnam. Pelatih Vietnam merasa tak terima dan protes wasit!

Kalah dari Timnas Indonesia U 16, Pelatih Vietnam Protes Wasit
Pelatih Vietnam protes wasit usah kalah dari Timnas Indonesia U-16. Gambar : Twitter/@affpresse

BaperaNews - Pertandingan Indonesia di babak terakhir sesi Grup A Piala AFF U-16 2022 melawan Vietnam Sabtu malam 6/8 berakhir dengan kemenangan yang membanggakan. Indonesia menang 2-1 atas Vietnam dan menjadi juara Grup A. Hasil ini juga memastikan timnas Indonesia U-16 lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022.

Namun hasil ini tidak bisa diterima dengan mudah oleh pelatih timnas Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tan, ia menyebut, wasit yang membuat anak didiknya kalah karena tidak mengambil keputusan dengan benar ketika laga berjalan.

“Selamat untuk kemenangan yang diraih Indonesia. Untuk kami, kami berjuang di bawah tekanan dari fans dan dari keputusan wasit yang hari ini tidak bagus” ujarnya. “Kami mengalami banyak kerugian dan utamanya soal gol di babak kedua” sambungnya.

Kejadian yang ia maksud ialah di menit ke-87, bola masuk gawang Indonesia namun menurut wasit asal Thailand Sassadee gol tersebut tidak sah. Sassadee juga menjelaskan yang ditegaskan dengan tayangan ulang video.

Terlihat kiper timnas Indonesia U-16 Andrika Fathir sudah menangkap bola dengan dua tangannya agar gawang Indonesia tidak kebobolan, kemudian penyerang Vietnam Thanh Duc menabrak Andrika hingga Andrika jatuh dan bola terlepas dari tangannya hingga masuk gawang.

“Wasit seperti saya bilang tadi tidak mengesahkan gol kami dan ketika kami mendapat keuntungan wasit meniup peluit sehingga hilang kesempatan” pungkasnya.

Sassadee pun menegaskan bahwa bola telah dipegang oleh Andrika oleh kedua tangan namun jatuh karena ditabrak oleh Thanc sehingga bola masuk bukan karena hasil gol pemain Vietnam namun karena Andrika terjatuh sehingga gol tidak disahkan. Vietnam tetap kalah 1-2 dari Indonesia hingga pertandingan berakhir.

Berikut Klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 usai Indonesia kalahkan Vietnam 2-1 :

  1.       Indonesia 9 poin
  2.       Vietnam 6 poin
  3.       Filipina 3 poin
  4.       Singapura 0 poin

Selanjutnya timnas Indonesia U-16 akan melaju ke babak semifinal pada hari Rabu 10/8. Belum diketahui siapa lawannya sebab masih ada pertandingan di Grup B dan C dan juara dari kedua grup tersebut yang akan jadi lawan Indonesia yakni Juara Grup B vs Runner-up terbaik dan Timnas Indonesia U-16 vs Juara Grup C.

Sukses dan semangat untuk timnas Indonesia U-16. Semoga terus bermain dengan hebat dan meraih kemenangan!