Instagram Akan Uji Coba Durasi Reels 10 Menit

Instagram sedang menguji peningkatan durasi reels menjadi 10 menit dalam upayanya untuk bersaing dengan TikTok dan YouTube.

Instagram Akan Uji Coba Durasi Reels 10 Menit
Instagram Akan Uji Coba Durasi Reels 10 Menit. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Instagram sedang menguji peningkatan durasi reels menjadi 10 menit. Uji coba dilakukan secara internal dan belum ada rencana untuk pengujian secara eksternal.

Fitur reels pertama kali ditemukan oleh Insinyur Alessandro Paluzzi yang membagi tangkapan layar prototipe internal.

Dengan adanya peningkatan durasi reels Instagram menjadi 10 menit, maka akan menyelaraskan produk videonya dengan media sosial TikTok yang bisa membuat video panjang maksimal 10 menit serta bersaing dengan YouTube.

Jika fitur Instagram reels 10 menit resmi diluncurkan, maka mempermudah para konten kreator maupun pengguna untuk merekam dan menampilkan momen dan hal menarik mereka misalnya ketika membuat konten tutorial, sketsa, dan lainnya.

Penonton juga lebih puas menikmati tayangan dibanding reels sebelumnya yang dibatasi maksimal 3 menit. 

Baca Juga : Instagram Raih Untung Rp 10 Triliun Perhari Imbas Penjualan Centang Biru

Instagram dan TikTok bersaing untuk terus mendapat tempat di pasar dari konten video berdurasi panjang. Pihak Meta selaku perusahaan yang mengelola Instagram belum memberi keterangan terkait rencana fitur Instagram Reels 10 menit ini.

Durasi reels yang lama memang bisa menarik perhatian jika konten yang disampaikan juga menarik dan tidak membosankan.

Durasi reels lebih lama memudahkan pembuat konten dalam mengeksplor berbagai hal termasuk memudahkan perusahaan pengiklan seperti iklan drama menampilkan lebih banyak cuplikan untuk bisa membuat pengguna lebih penasaran.

TikTok menjadi media sosial pertama yang fokus pada konten video. TikTok memikat hati pasar dengan cepat yang bahkan melebihi Instagram, Twitter, serta Facebook.

Sebab itu tidak sedikit media sosial lain yang berusaha menyaingi TikTok dengan membuat fitur konten lebih menarik dari apa yang dimiliki TikTok seperti rencana Instagram reels 10 menit yang dibuat Meta.

TikTok saat ini telah menggeser Instagram sebagai media sosial dengan pengguna paling banyak. Jika ada perubahan di fitur Instagram, bukan tidak mungkin akan membuat pengguna lebih banyak menyukai Instagram.

Namun Instagram juga perlu menyadari TikTok memiliki fitur menarik lain seperti TikTok Shop yang juga mendapat peminat tinggi berbeda dengan fitur tab Shopping Instagram yang telah dihilangkan karena sepi peminat.

Bagaimana menurut Anda, suka rencana fitur Instagram reels 10 menit atau cukup puas dengan durasi reels Instagram yang ada saat ini?

Baca Juga : Elon Musk Ancam Gugat Meta Tentang Threads, Diduga Jadi Aplikasi Tiruan