Hore! Waktu Tunggu LRT Jabodebek Jadi 20 Menit

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan bahwa waktu tunggu atau headway LRT direncanakan akan diperpendek menjadi 20 menit.

Hore! Waktu Tunggu LRT Jabodebek Jadi 20 Menit
Hore! Waktu Tunggu LRT Jabodebek Jadi 20 Menit. Gambar : Kompas.com/Dok. NabilaRamadhian

BaperaNews - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan perkembangan positif terkait Layanan Kereta Rel Terpadu (LRT) Jabodebek. Pada 1 Desember 2023, waktu tunggu atau headway LRT direncanakan akan diperpendek menjadi 20 menit.

Langkah ini merupakan bagian dari rencana penambahan rangkaian kereta, yang awalnya 12 trainset akan bertambah menjadi 16 trainset.

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan berita ini setelah rapat dengan Komisi V DPR di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dalam pernyataannya, ia menyampaikan, “Rencananya pada 1 Desember 2023 akan bisa dioperasikan 16 trainset. Sehingga headway-nya juga akan pendek lagi, waktu tunggu LRT Jabodebek menjadi 20 menit.”

Langkah ini merupakan kelanjutan dari peningkatan kapasitas layanan LRT Jabodebek. Saat ini, rangkaian kereta LRT yang beroperasi telah ditambah dari yang awalnya 8 rangkaian menjadi 12 rangkaian. Perubahan ini berdampak langsung pada penurunan waktu tunggu kedatangan kereta.

"Hari ini trainset yang dioperasikan sudah 12 dari 8. Artinya headway-nya yang tadinya 60 menit bisa menjadi 37-an menit," jelas Menhub.

Baca Juga : Daftar Tarif Promo Baru LRT Jabodebek Khusus Akhir Pekan dan Libur Nasional

Lebih lanjut, Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa untuk mendukung operasional 16 trainset pada awal Desember, akan dilakukan pergantian roda yang aus dengan yang baru. Pihaknya juga fokus pada perbaikan rel di lintasan LRT Jabodebek.

"Tapi jangka menengah kita akan melakukan pergantian roda dan juga perbaikan-perbaikan rel sehingga jaminan bahwa 16 trainset dan juga headway 20 menit itu tercapai," tambahnya.

Perkembangan ini menjadi angin segar bagi pengguna layanan LRT Jabodebek, karena adanya peningkatan kapasitas dan pengurangan waktu tunggu diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi perjalanan.

Keberhasilan implementasi rencana ini akan memberikan dampak positif terhadap mobilitas masyarakat yang menggunakan layanan transportasi ini di wilayah Jabodebek.

Baca Juga : Daftar Lokasi Parkir LRT Jabodebek di Semua Stasiun