Hasan Mughni : Timnas Juara di SEA Games Berkat Anak Yatim

Hasan Mughni, Kitman Timnas Indonesia U-22 bicara tentang kesuksesan Garuda Muda menjuarai SEA Games 2023. Simak selengkapnya!

Hasan Mughni : Timnas Juara di SEA Games Berkat Anak Yatim
Hasan Mughni : Timnas Juara di SEA Games Berkat Anak Yatim. Gambar : Kompas.com

BaperaNewsHasan Mughni, Kitman Timnas Indonesia U-22 bicara tentang kesuksesan Garuda Muda menjuarai SEA Games 2023. Indonesia membawa pulang medali emas usai kalahkan Thailand di laga final secara dramatis dengan skor 5-2 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja hari Selasa (16/5) lalu.

Kemenangan Indonesia melawan Thailand ini memang terbilang dramatis. Dihiasi dengan hujan kartu, banyaknya pemain yang luka, hingga adanya pertengkaran antar official. Meski demikian, Indonesia selalu memimpin gol 2-0 terlebih dahulu oleh tendangan Ramadhan Sananta di menit ke 21 dan 45+4. Thailand kemudian samakan kedudukan di menit ke 65 dan 90+7 dari tendangan Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha.

Salah satu drama kemenangan Indonesia melawan Thailand yang terjadi ialah, sebelum Yotsakon mencetak gol, Indonesia sempat mengadakan selebrasi karena mengira waktu permainan telah usai dan Indonesia berhasil menang 2-1. Peluit yang ditiup wasit saat itu bukanlah peluit tanda laga berakhir namun peluit peringatan pelanggaran pemain Indonesia kepada pemain Thailand.

Setelahnya, laga dilanjut kembali dan Indonesia kebobolan 1 gol oleh tendangan Yotsakon hingga wasit memutuskan melanjutkan permainan dengan perpanjangan waktu. Hasan Mughni tidak menyangkal bahwa kondisi saat itu para pemain Timnas Indonesia sempat panik karena Thailand mampu samakan kedudukan.

“Kami memang panik saat itu, saat kita sudah selebrasi taunya malah skor jadi imbang 2-2, takutnya keadaan dibalikkan sama Thailand” tutur Hasan. 

Baca Juga  : Hal Viral Di Final SEA Games 2023

Pada saat tersebut, pelatih Indra Sjafri kemudian meminta pemain Timnas Indonesia tetap fokus dan terus berzikir untuk menghadapi Thailand di babak tambahan. Anjuran Indra tersebut berdampak positif. Indonesia ternyata menguasai permainan dengan sangat baik di babak tambahan. Ditambah adanya dukungan semangat dan nasehat secara langsung dari Ketum PSSI Erick Thohir.

Indonesia mencetak 3 gol tambahan di babak tambahan yakni oleh Irfan Jauhari menit ke-91, Fathur Rahman menit ke-107, dan Beckam Putra menit ke-120. Sedangkan Thailand di babak tambahan mengaku sudah sangat lelah, ketika kebobolan satu gol dan skor berubah jadi 3-2 untuk Indonesia disitulah Thailand seperti merasa sudah kehilangan kekuatan.

Menurut Hasan, sebelum berangkat, Indonesia sempat meminta doa pada anak-anak yatim sehingga kemenangan Indonesia melawan Thailand pun bisa benar – benar terjadi.

“Saya sudah 3 kali di SEA Games yaitu di tahun 2019, 2021, dan 2023 ini. Ya ini sama saja, hanya mental spiritualnya lebih ada. Seperti kita minta doa ke anak yatim sebelum kami berangkat, pemain juga diminta telepon orang tuanya minta doa” tutup Hasan.

Baca Juga : Tidak Dihargai, Perenang Senior Pergi dari Pawai SEA Games