Golkar Setujui Pilkada Serentak 2024 Dimajukan di Bulan September

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, secara resmi menyatakan persetujuan terhadap rencana pemajuan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Baca selengkapnya di sini!

Golkar Setujui Pilkada Serentak 2024 Dimajukan di Bulan September
Golkar Setujui Pilkada Serentak 2024 Dimajukan di Bulan September. Gambar : Instagram/airlanggahartarto_official

BaperaNews - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, secara resmi menyatakan persetujuan terhadap rencana pemajuan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 menjadi bulan September. Pernyataan terkait jadwal pilkada 2024 ini disampaikan Airlangga usai membuka pasar murah DPD Golkar Sumut di Gedung Serba Guna milik Pemprov Sumut di Deli Serdang.

"Majunya di bulan September, Golkar kita setuju untuk maju di bulan September," ucap Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI ini mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan ada pembahasan di DPR RI terkait rencana pemajuan tersebut. Dia menyatakan bahwa keputusan tersebut nantinya akan melibatkan sejumlah pihak terkait, dan Golkar akan berpartisipasi aktif dalam proses tersebut.

"Ada pembahasan di DPR, dan kita mendukung langkah-langkah yang positif tersebut," tambahnya.

Baca Juga: Anggota Komisi II DPR: Tidak Ada Perubahan Pilkada Melalui DPRD Di 2024

Rencana untuk memajukan jadwal Pilkada 2024 menjadi bulan September telah muncul beberapa pekan terakhir. Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, menegaskan bahwa jadwal pemungutan suara pilkada masih dapat berubah mengikuti keputusan pembahasan di DPR.

"Bila nanti terjadi perubahan UU Pilkada, dalam hal jadwal, misalkan jadwal maju menjadi September 2024, ya nanti kita akan lakukan penyesuaian-penyesuaian," ujar Hasyim.

Dalam Rancangan PKPU tentang Tahapan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, pemungutan suara awalnya dijadwalkan pada 27 November 2024.

"Pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota dilaksanakan pada 27 November 2024," kata Yulianto saat uji publik tiga rancangan PKPU di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/1).

Baca Juga: Jokowi Hadir Bersama Prabowo Subianto di Puncak HUT Partai Golkar