Erick Thohir Resmi Jadi Ketua Komite Wasit PSSI

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir kini resmi menjabat sebagai Ketua Komite Wasit PSSI. Hal tersebut ia nyatakan langsung sendiri pada Rabu (5/7).

Erick Thohir Resmi Jadi Ketua Komite Wasit PSSI
Erick Thohir Jadi Ketua Komite Wasit PSSI. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews - Ketum PSSI Erick Thohir menyatakan akan memimpin langsung bidang Perwasitan Sepakbola Indonesia. Erick Thohir resmi menjabat sebagai Ketua Komite Wasit PSSI.

“Ketua Komite Wasit PSSI dipimpin saya sendiri. Supaya nanti tidak ada intervensi, komite lain akan diumumkan, kita lagi bicara satu dan lainnya” kata Erick Thohir pada Rabu (5/7).

Alasan kenapa Erick Thohir yang langsung turun tangan sendiri, ia menyebut ini demi kemajuan dan kebaikan sepakbola Indonesia, sebab penugasan dan kepemimpinan wasit beberapa tahun terakhir ini sangat disorot. Ia ingin wasit di Indonesia punya kualitas yang bagus sesuai standar FIFA.

“Jadi Ketua Komite Wasit PSSI saya sendiri yang memimpin, kalau ada yang aneh bisa langsung dihukum seumur hidup. Karena komitmennya memang seperti itu. Ketika saya bertemu Pak Kapolri, ada dua yang diproseskan. Kalau di pihak kepolisian berbeda, kalau di PSSI dihukum seumur hidup untuk wasit, pengurus, pemain, dan pemilik klubnya” lanjutnya.

Erick menegaskan, para pelanggar tidak hanya diberi hukuman seumur hidup, namun juga dibawa ke pengadilan untuk mendapat proses pidana.

“Karena kalau cuma hukuman penjara, tiga tahun lagi nanti dia balik mengatur sepak bola. Tapi kalau seumur hidup hukumannya kan ga boleh bola digital-gatal gitu” tegasnya.

Baca Juga : Dapat Ancaman Somasi : PSSI Punya Utang Rp 100 Miliar

Sebelumnya Komite Wasit diurus oleh Exco PSSI. Baru di masa kepemimpinan Erick ini, Komite Wasit dipegang langsung oleh Ketum PSSInya, ia mengemban amanah untuk wasit agar selalu jujur dan menjalankan tugasnya dengan baik sesuai aturan.

Tentang dugaan adanya wasit yang disuap di Liga 1 dan Liga 2 Indonesia beberapa waktu lalu, Erick tidak menutup mata dan tidak membantah, ia mengakui di Indonesia dan sepakbola memang masih ada praktik curang suap menyuap. Maka hal itulah yang akan ia basmi selain dari kualitas wasit itu sendiri.

“Kalau ada kasih saya, nanti saya gigit sendiri. Karena yang pasti sudah ada pengawasan dari Jepang juga, tapi kalau memang masih ada kasih saya saja, mumpung Komite Wasit sayanya” pungkas Erick.

Maka sejak Erick mengumumkan wewenangnya pada Komite Wasit, kini Komite Wasit langsung diatur olehnya, tidak lagi oleh Exco PSSI seperti masa sebelumnya. Dengan demikian ia bisa memberi pengawasan secara langsung.

Baca Juga : Erick Thohir Jawab Tanda Tanya Lapangan Piala Dunia U 17