Beri Ucapan Selamat, Jokowi Harap PM Inggris Rishi Sunak Bisa Hadir Di KTT G20 Bali

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Rishi Sunak yang sudah resmi menjadi PM Inggris, Jokowi berharap Rishi bisa hadir di KTT G20 Bali.

Beri Ucapan Selamat, Jokowi Harap PM Inggris Rishi Sunak Bisa Hadir Di KTT G20 Bali
Jokowi beri ucapan selamat kepada Perdana Menteri Rishi Sunak. Gambar : Reuters/Henry Nicholls

BaperaNews - Presiden RI Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada PM Inggris Rishi Sunak yang baru menjabat pada Selasa (25/10) menggantikan PM Inggris lama Liz Truss yang memutuskan mundur pada hari ke-45 ia menjabat.

Jokowi berharap hubungan bilateral Inggris Indonesia bisa terus membaik dalam kepemimpinan Rishi Sunak. Ia juga mengundang Rishi Sunak untuk datang ke KTT G20 Bali pada 15–16 November 2022 mendatang.

“Selamat kepada PM Rishi Sunak. Mari kita bekerjasama untuk memperkuat kemitraan Inggris Indonesia termasuk mendorong kesejahteraan dan perdamaian dunia. Kami sangat menunggu untuk menyambut Anda di KTT G20 Bali” tulis Jokowi di Twitternya.

Rishi Sunak ialah Perdan Menteri Inggris pertama yang memiliki kulit berwarna (bukan kulit putih), dengan cepat ia mendapat jabatan di puncak dalam perjalanan karirnya. Dunia menyambutnya, ia menerima banyak ucapan selamat dari berbagai pemimpin Negara seluruh dunia.

Berikut Ucapan Selamat dari Sejumlah Pemimpin Dunia untuk Rishi Sunak: 

  • Ukraina ingin hubungan yang erat

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ingin Rishi Sunak berhasil menghadapi segala tantangan yang saat ini dihadapi masyarakat Inggris dan dunia. Zelensky dalam ucapannya menyampaikan “ingin memperkuat hubungan strategis Ukraina Inggris dimana selama berbulan-bulan Inggris telah menjadi salah satu pendukung Ukraina dalam melawan serangan Rusia”.

  • Prancis ingin mengatasi tantangan bersama

Presiden Prancis Emmanuel Macron menulis cuitan, “Bersama-sama kita akan kerjasama untuk mengatasi tantangan, termasuk perang Ukraina dan banyak konsekuensinya bagi Eropa maupun dunia”.

Baca Juga : Fakta Tentang Rishi Sunak Usai Jadi PM Inggris: PM Termuda Hingga Crazy Rich

  • Italia semangat kerjasama

Dari Italia, PM Giorgia Meloni yang juga baru dilantik mengatakan semangatnya untuk kerjasama dengan kabinet Rishi Sunak. “Dalam tantangan bersama, membela nilai kebebasan dan demokrasi kita bersama”.

  • Uni Eropa berharap hubungan yang positif

Pointman Uni Eropa, Maros Sefcovic berharap bisa menyapa Rishi Sunak dan membuat hubungan Inggris–Uni Eropa semakin positif. “Hubungan positif Uni Eropa dan Inggris ialah kepentingan yang strategis”.

  • Nigeria sambut tonggak sejarah

Presiden Nigeria Muhammadu Buhadri menyebut PM Inggris Rishi Sunak ialah yang termuda yang akan jadi tonggak sejarah. “Tonggak sejarah ini akan sangat memberi inspirasi untuk kaum muda”.

  • Amerika Serikat menyebut Inggris membuat terobosan baru

Presiden AS Joe Biden menyebut Inggris telah membuat terobosan baru karena kini dipimpin oleh keturunan India. “Ini mencengangkan, tonggak terobosan dan penting”.

  • India berharap lebih erat atasi isu global

PM India Narendra Modi juga mengaku telah menunggu Rishi Sunak diangkat jadi PM Inggris, kini ia berharap “Bisa bekerjasama dengan erat untuk mengatasi isu-isu global”. Narendra juga secara khusus ingin mengubah ikatan sejarah India Inggris menjadi kemitraan modern.

  • Rusia pesimis hubungannya dengan Inggris bisa membaik

Sedangkan ucapan pesimis datang dari Rusia, jubir Kremlin Dmytri Peskov menyebut meski Inggris memiliki PM baru, tidak akan merubah ketegangan hubungan Rusia dan Inggris. “Kami tidak melihat alasan atau harapan akan perubahan positif antara Inggris dan Rusia”.

Baca Juga : Alasan Liz Truss Mundur Dari PM Inggris Usai 45 Hari Menjabat