Basarnas Tewas Saat Evakuasi Warga yang Ingin Bunuh Diri di Tower Setinggi 75 Meter

Seorang anggota Basarnas tewas saat berusaha mengevakuasi seorang warga yang mencoba bunuh diri di Tower Telkomsel, Jayapura. Simak selengkapnya di sini!

Basarnas Tewas Saat Evakuasi Warga yang Ingin Bunuh Diri di Tower Setinggi 75 Meter
Basarnas Tewas Saat Evakuasi Warga yang Ingin Bunuh Diri di Tower Setinggi 75 MeterGambar: Viva.co.id

BaperaNews - Sebuah tragedi terjadi di Gunung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura. Seorang anggota Basarnas, Try Sudarno, tewas dalam upaya evakuasi seorang warga yang mencoba bunuh diri di salah satu Tower Telkomsel setinggi 75 meter pada Rabu, (13/3). Diduga warga yang ingin bunuh diri tersebut dalam keadaan mabuk.

Menurut keterangan yang diperoleh, kejadian tragis ini bermula ketika pukul 09.40 WIT, anggota piket Polsek Sentani Barat menerima laporan dari seorang warga bernama EY tentang adanya rencana percobaan bunuh diri di Tower Telkomsel Gunung Sabron Yaru.

Ps. Kapolsek Sentani Barat, IPDA Ahmad Erfan Muharya, segera menggerakkan tim patroli untuk menanggapi laporan tersebut.

Tim patroli, dipimpin oleh Ps. Kapolsek Sentani Barat IPDA Ahmad Erfan Muharya, tiba di lokasi kejadian tepat pukul 09.45 WIT. 

Dalam proses evakuasi yang berlangsung di Tower Telkomsel Dosai, Try Sudarno bersama tim Basarnas berusaha mengevakuasi pelaku bunuh diri tersebut. Sayangnya, dalam kejadian yang tragis, keduanya terjatuh dari ketinggian tower yang mencapai 75 meter.

Keduanya bisa terjatuh saat warga yang bunuh diri tersebut berontak sehingga menyebabkan tali putus dan keduanya jatuh bersama.

Baca Juga: Viral! Mahasiswi Semarang Panjat Tower 100 Meter, Ngakunya Ngetes Adrenalin

"Korban saat evakuasi penyelamatan TY (pelaku percobaan bunuh diri) mengalami luka pada tangan kiri, sedangkan almarhum Tri Sudarno (pers Basarnas) mengalami patah tulang bagian bahu dan tangan kanan serta benturan di bagian kepala sehingga meninggal dunia," ungkap Kapolsek Sentani Barat, IPDA Ahmad Erfan Muharya.

Keduanya pun segera dilarikan ke Rumah Sakit Yowari untuk mendapatkan penanganan medis. Namun, sayangnya, Try Sudarno tidak bisa diselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami luka dan patah tulang yang parah. Sementara pelaku percobaan bunuh diri masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit yang sama.

Kepala Basarnas Jayapura, Pdt. Teri Riffel Kambuaya, mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas kehilangan salah satu anggota mereka dalam tragedi ini.

"Kami sangat berduka atas kehilangan Try Sudarno, anggota kami yang telah berjuang untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Semoga ia mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya," ucapnya dengan nada sedih.

Tim Basarnas tewas saat evakuasi ini menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga, teman-teman, serta rekan-rekan seprofesinya.

Semoga tragedi basarnas tewas ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam menghadapi situasi darurat dan selalu siap sedia dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Kronologi Empat Orang Tewas Diduga Bunuh Diri di Apartemen, Ternyata Satu Keluarga