Penampakan Fenomena 5 Planet Sejajar Tadi Pagi, Sangat Indah Dan Menakjubkan

Fenomena alam langka di pagi hari Jumat 24 Juni 2022 berupa 5 planet sejajar yakni planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Penampakan Fenomena 5 Planet Sejajar Tadi Pagi, Sangat Indah Dan Menakjubkan
5 Planet sejajar dengan bulan pada 24 Juni 2022. Gambar : Twitter/@ aaybaaann

BaperaNews - Fenomena langka berupa 5 planet sejajar terjadi pada hari Jumat 24 Juni 2022. Ada 5 planet di tata surya yang berada sejajar dengan bumi yakni planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Fenomena alam ini bisa disaksikan di Indonesia.

“Ini adalah kesempatan langka untuk melihat hal yang sama lebih dekat ke rumah, dengan mata telanjang kita bisa melihat kelima planet sekaligus” ujar Edinburgh, ahli astronomi dari University Beth Biller hari Kamis 2 Juni 2022 lalu.

Fenomena serupa pernah terjadi 18 tahun lalu tepatnya Desember 2004 yang bisa dilihat dari bumi bagian utara.

Peneliti dari Pusat Riset Antariksa Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang menginformasikan semua wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena planet sejajar pada hari Jumat 24 Juni 2022 tepatnya 72 – 74 menit sebelum matahari terbit. “Disaksikan mulai subuh astronomis” ujar (22/6).

Diperkirakan, fenomena terjadi pada jam 04.30 – 05.30 pagi hari. Namun untuk waktu tepatnya sesuai dengan waktu subuh di wilayah masing-masing. “Kan waktu subuh di wilayah masing-masing berbeda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota, jadi disesuaikan, sekitar 04.30 – 05.30” terang Andi Pangerang.

Baca Juga : Mobil Listrik Mungil DFSK Sudah Berkeliaran Di Jalan Indonesia Pakai Plat B

Rekan Andi Pangerang yang juga peneliti dari BRIN, Clara Yatini memastikan fenomena alam planet sejajar ini bisa dilihat dengan mata telanjang dimanapun selama pandangan tidak terhalang oleh gedung ataupun mendung dan pepohonan besar.

“Kalau langitnya bagus bisa dengan mata telanjang, tapi kalau objeknya lemah agak susah juga, kalau pakai teleskop juga sulit sebab medan pandang terbatas” ujarnya (13/6).

Walaupun sebuah fenomena alam 5 planet sejajar, kejadian ini tak perlu dikhawatirkan sebab tidak akan berdampak apapun bagi bumi, hanya sebuah pemandangan luar biasa saja. “Tidak ada dampaknya langsung ke bumi” tuturnya.

Jadi bagaimana, apa Anda sudah melihatnya pagi tadi?

Fenomena 5 planet sejajar ini menjadi trending topic di Twitter, untuk Anda yang tadi pagi tidak sempat melihatnya, Anda bisa melihat rekaman gambar dan videonya di media sosial.

Salah satu warganet yang mengabadikan fenomena ini ialah akun Twitter @FirKook memperlihatkan foto planet yang sejajar. “Akhirnya Venus muncul, parade planet masyaAllah” tulisnya di unggahannya.