7 Barang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran Naik Mobil!

Bagi kamu yang akan mudik naik mobil, simak daftar 7 barang yang wajib dibawa mudik lebaran dengan mobil yang bisa kamu catat sebagai tips mudik!

7 Barang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran Naik Mobil!
8 Barang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran Naik Mobil. Gambar : Freeepik.com

BaperaNews - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, beberapa di antara kita mulai disibukkan dengan persiapan mudik ke kampung halaman.

Salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan menjelang mudik yaitu mempersiapkan barang yang dibawa mudik, khususnya ketika mudik naik mobil.

Mobil jadi salah satu jenis kendaran pribadi yang jadi pilihan untuk mudik lebaran. Memakai mobil terasa lebih privat dan nyaman bagi sebagian orang, bisa membawa barang-barang lebih banyak dan terlindungi dari panas hujan.

Untuk mudik memakai mobil, sebenarnya bukan hanya barang untuk keperluan pribadi seperti baju atau makanan saja yang perlu dibawa, namun juga perlu membawa perlengkapan mudik khusus. 

Perlengkapan mudik khusus ini diantaranya alat tambahan jika terjadi kondisi darurat yang tidak diinginkan selama di perjalanan, bukan hanya ban cadangan. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar 7 barang yang wajib dibawa mudik lebaran naik mobil yang bisa kamu catat sebagai tips mudik dari Bapera News! 

Baca Juga : Mau Mudik Lebaran? Catat Jadwal Ganjil Genap, One Way dan Contraflow!

7 Barang Yang Wajib Dibawa Mudik Lebaran Naik Mobil : 

  1. Buku manual dan Surat-Surat Kendaraan (STNK)

Sering dianggap tidak penting karena jarang dibuka, padahal buku manual sangatlah penting sebagai sumber rujukan jika terjadi gejala tertentu yang tidak lazim pada mobil. Kemudian kamu juga perlu membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan alias STNK, sebab hal ini pasti dibutuhkan dimanapun kamu berada.

  1. Dongkrak, Segitiga Peringatan, Kunci Baut dan Ban Cadangan

Sebagai pelengkap ban cadangan karena harus dipakai ketika mengganti ban bermasalah di jalan. Dongkrak biasanya satu paket dengan segitiga peringatan dan kunci pas untuk membuka baut ban. Barang-barang tersebut sebaiknya tidak dikeluarkan dari mobil dan kembalikan ke wadahnya setelah dipakai.

  1. Kabel jumper Untuk Aki

Kabel ini Dipakai untuk memperbaiki mobil yang mogok karena aki tekor, perlu dibawa jika sewaktu-waktu dibutuhkan di perjalanan. Sebab penyakit yang umum saat dijalan ialah mogok, nah penting sekali kabel ini jadi penyelamat.

  1. Pengukur Tekanan Ban

Ban mobil harus punya tekanan yang pas agar nyaman dan aman dipakai. Maka alat pengukur tekanan ban ini perlu dibawa. Produk ini bisa ditemukan di toko penjual aksesori mobil. Harganya tak mahal, harganya mulai dari Rp 10 Ribuan di Toko Online.

  1. Berbagai Cairan Mesin 

Cairan untuk oli mesin, radiator, atau cairan rem sebaiknya selalu dibawa ketika perjalanan, meski tidak selalu dibutuhkan, namun ketiga cairan ini penting dibawa terlebih jika melakukan perjalanan jauh.

  1. Kotak P3K

Nah ini bermanfaat untuk pertolongan pertama di jalan jika terjadi luka atau hal lain yang butuh obat dan tindakan medis mandiri untuk pengendara maupun penumpang yang ada di kendaraan.

  1. Kartu elektronik

Perlengkapan mudik terakhir adalah kartu elektronik. Sebagai alat transaksi untuk kamu ketika masuk gerbang tol, pastikan pula saldonya sudah cukup. Bila perlu, perhitungkan biaya tol sebelum melakukan perjalanan, sehingga tak bolak-balik ke minimarket untuk mengisi kartu elektronik. Hehe.. Kecuali bila handphonemu sudah support NFC ya!

Itulah 7 barang khusus tambahan yang perlu kamu bawa ketika mudik naik mudik. Selamat mudik, semoga lancar dan selamat sepanjang perjalanan dan hingga sampai tempat tujuan.

Baca Juga : Daftar Ruas Jalan tol yang Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023