Arus Balik 1,9 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek

Polri memprediksi setidaknya diperkirakan ada 1,9 juta kendaraan akan masuk kembali ke wilayah Jabodetabek di masa arus balik mudik lebaran!

Arus Balik 1,9 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek
Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Libur Lebaran hampir usai, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mudik ke kampung halaman masing-masing, kini masyarakat bersiap untuk kembali ke tempat tinggal masing-masing dan pihak Polri menyebut akan mengantisipasi hal tersebut.

Setidaknya diperkirakan ada 1,9 juta kendaraan akan masuk kembali ke wilayah Jabodetabek di masa arus balik mudik lebaran, jumlah tersebut berdasarkan data mobil yang keluar dari Jabodetabek di masa pulang mudik kemarin.

“Jumlah kendaraan yang akan kembali atau arus balik ke Jabodetabek sebanyak 1.979.127” ujar Karo Penmas Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan dalam konferensi persnya hari Rabu 4 Mei 2022.

Pihaknya pun menyampaikan Polri serta tim lain yang terkait sudah siapkan langkah antisipasi untuk mencegah kemacetan di arus balik mudik. “Telah disiapkan langkah untuk mencegah kepadatan lalu lintas di arus balik Lebaran 2022” imbuhnya.

Sedangkan Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, menyampaikan, ada tujuh langkah untuk antisipasi kepadatan lalu lintas di hari-hari arus balik lebaran yakni sebagai berikut :

Baca Juga: Tak Ada One Way, Puncak Bogor Macet Parah 10 Km

  1.       One Way KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung – KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama.
  2. Menyiapkan dan melakukan sosialisasi rute alternatif dari Jakarta ke Bandung ketika menerapkan One Way.
  3.   Masyarakat dihimbau untuk lewat jalur alternatif saja, tidak perlu menunggu sampai One Way selesai.
  4.       Pemudik diharap menerapkan manajemen istirahat di rest area.
  5.   Masyarakat dihimbau agar tidak berhenti di bahu jalan jika tidak bisa istirahat di rest area agar tidak menimbulkan kemacetan, tentu lebih baik istirahat di tempat yang lebih nyaman misalnya masjid atau lainnya yang lebih aman jika rest area masih jauh.
  6.       Menjamin ketersediaan BBM, bengkel, dan fasilitas lainnya.
  7.       Meminimalisir hambatan di jalur alternatif agar kapasitas jalan bisa dipakai dengan optimal.

Korps Lalu Lintas Polri juga menghimbau agar pemudik yang melakukan perjalanan jauh bisa menyiapkan staminanya serta kendaraannya dengan baik agar meminimalisir resiko kecelakaan di puncak arus balik pada tanggal 6 – 8 Mei 2022 mendatang.

“Siapkan stamina, pastikan kesehatan dalam kondisi prima, juga kendaraan tidak bermasalah, karena sehat dan tidak lelah ialah syarat mutlak dan syarat utama dalam berlalu lintas” ujarnya Rabu 4 Mei 2022.

Baca Juga: 45 Kapal Hangus Di Dermaga Cilacap, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran