5 Bahaya Kesehatan Akibat terlalu Banyak Konsumsi Daging, Awas Picu Kanker!

Pahami risiko makan daging kurban secara berlebihan pada perayaan Idul Adha. Kenali bahayanya dan ambil langkah pencegahan yang tepat.

5 Bahaya Kesehatan Akibat terlalu Banyak Konsumsi Daging, Awas Picu Kanker!
5 Bahaya Kesehatan Akibat terlalu Banyak Konsumsi Daging, Awas Picu Kanker!. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Idul Adha jadi salah satu hari yang dinantikan umat islam. Di hari ini, umat islam yang mampu akan berkurban dan daging dari hewan yang dikurbankan bisa dinikmati semua umat islam.

Tentu hal ini menjadi hal yang menggembirakan terlebih tidak setiap hari seseorang bisa membeli dan makan daging karena harganya yang terbilang mahal.

Daging kurban biasanya diolah menjadi berbagai macam masakan. Daging hewan kurban sapi, kerbau, maupun kambing sendiri punya banyak kandungan protein tinggi. Baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan dalam mengkonsumsinya juga akan berbahaya bagi kesehatan.

Inilah sejumlah bahaya jadi orang kurang pengertian eh makan daging berlebihan yang perlu diperhatikan.

  1. Berat badan meningkat

Makan daging dalam jumlah besar dalam sekali waktu atau waktu yang berdekatan membuat berat badan meningkat drastis sebab daging hewan yang dimakan menjadi lemak tubuh. Lemak tubuh berlebihan akhirnya membuat berat badan naik dan beresiko kegemukan yang harus diatasi dengan diet atau olahraga di kemudian hari.

  1. Memicu kanker

Bahaya makan daging berlebihan bisa memicu kanker, terutama daging merah yang memicu karsinogenik. Daging merah bertanggung jawab pada penyakit seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker prostat jika dikonsumsi secara berlebihan. Resiko bertambah jika yang dimakan ialah daging olahan. 

Baca Juga : Bawa Daging Ke Australia Dikenai Denda Dan Deportasi

  1. Dehidrasi

Bahaya makan daging berlebihan selanjutnya ialah memicu dehidrasi, daging di dalam tubuh menumpuk menjadi nitrogen hasil pemecahan protein di dalam darah sehingga tubuh akan berusaha keluarkan nitrogen tersebut melalui urin. Urin pun berlebihan dan berdampak dehidrasi terlebih jika kurang asupan air.

  1. Konstipasi

Makan daging yang tidak diimbangi dengan makan sayur dan buah akan berujung konstipasi atau susah buang air besar. Konstipasi nantinya juga bisa berujung pada wasir karena harus mengalami kesulitan dan mengejan kuat ketika buang air besar.

  1. Gangguan ginjal

Bahaya makan daging berlebihan yang paling berat ialah gagal ginjal, karena ginjal bekerja keras untuk keluarkan nitrogen melalui urin. Kinerja ginjal menjadi berat. Sebab itulah bagi orang yang menderita kelainan ginjal biasanya membatasi konsumsi daging dalam kesehariannya.

Itulah sejumah bahaya tidak peka eh makan daging kurban berlebihan yang tidak bisa disepelekan. Semoga bisa membantu Anda lebih bijak mengkonsumsi daging kurban di hari raya Idul Adha ini maupun dalam keseharian ya.

Baca Juga : 5 Tips Membuat Sate Daging Kambing Atau Daging Sapi Menjadi Empuk