Walkot Tangerang Usul ASN Naik Transportasi Umum untuk Atasi Polusi

Walikota Tangerang, Arief Rachdiono meminta agar seluruh ASN untuk naik transportasi umum untuk menghindara polusi.

Walkot Tangerang Usul ASN Naik Transportasi Umum untuk Atasi Polusi
Walkot Tangerang Usul ASN Naik Transportasi Umum untuk Atasi Polusi. Gambar: Kompas/Dok. Fathan Radityasani

BaperaNews - Walikota Tangerang Arief Rachdiono meminta seluruh ASN naik angkutan umum untuk mengatasi polusi udara yang semakin tinggi kadarnya di Jabodetabek.

Pemkot Tangerang akan lakukan uji coba naik transportasi umum atau sepeda ke kantor di hari Jumat besok (18/8). Tentunya jika ASN memberi contoh naik transportasi umum, akan menjadi contoh yang baik untuk masyarakat.

“Tadi melalui zoom kita sudah koordinasi dengan pegawai Pemkot Tangerang bahwa pada Jumat pekan ini dilakukan uji coba masuk tempat kerja dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda atau kendaraan listrik” kata Arief hari Rabu (16/7).

Walikota Tangerang Arief menyebut ASN naik angkutan umum bisa diganti dengan bersama-sama naik mobil dengan rekan kerja lainnya agar bisa mengurangi pemakaian kendaraan pribadi di lingkup pegawai Pemkot Tangerang dan mengurangi polusi udara.

Baca Juga : Pemkot Pontianak Tetapkan Siswa Belajar di Rumah Imbas Kualitas Polusi Udara Memburuk

“Bisa juga dengan memakai kendaraan bersama-sama misalnya semobil untuk enam orang jadi saling jemput mengurangi penumpukan kendaraan pribadi” imbuhnya.

Arief mengaku sudah mendapat arahan dari Presiden Jokowi terkait mengatasi dan mengurangi polusi di Jabodetabek salah satunya dengan mengurangi kendaraan pribadi dan memperluas area hijau agar mencegah polusi makin memburuk.

“Jadi kemarin sudah mendapat arahan juga dari Pak Jokowi tentang upaya perbaikan kualitas udara terutama di Tangerang Jabodetabek ini salah satunya dengan melakukan penghijauan dan memakai transportasi umum dimana keduanya perlu dimasifkan lagi kepada masyarakat dengan harapan kualitas udara bisa berangsur membaik” lanjutnya.

Kondisi udara di Tangerang menurutnya masih aman untuk warga, namun tetap perlu dilakukan upaya bersama untuk mencegah polusi udara dan mengurangi kemacetan dengan berbagai langkah agar kualitas udara terus membaik.

“Kalau kita lihat di dashboard itu kondisinya masih aman di Tangerang, tapi kita tetap perlu upaya bersama agar kualitas udara di Tangerang tetap baik” pungkas Arief.

Walikota Tangerang Arief berharap instruksinya agar ASN naik angkutan umum bisa dijalankan dengan baik dan serentak yakni ASN bisa naik kendaraan umum, naik mobil bersama 1 mobil untuk 4 orang, memakai sepeda listrik, memakai kendaraan listrik, atau opsi lainnya yang lebih ramah lingkungan.

ASN memang perlu memberi contoh terlebih dahulu terkait langkah nyata untuk atasi polusi udara agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

Baca Juga : Ibu di Tasikmalaya Bunuh Diri Gegara Anak Kecanduan Judi Online