Universitas Muhammadiyah Surakarta Akan Buka Cabang di Korsel

Rektor UMS menyampaikan secara langsung bahwa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan membuka cabang di Korea Selatan.

Universitas Muhammadiyah Surakarta Akan Buka Cabang di Korsel
Universitas Muhammadiyah Surakarta akan buka cabang di Korea Selatan. Gambar : muhammadiyah.or.id

BaperaNews - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan buka cabang di Korea Selatan. “Pada 24 Oktober 2022, akan dilakukan tanda tangan mou dengan Tongmyong University untuk rencana membuka cabang di Korea Selatan” ujar Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif M.Si menyampaikan secara langsung di Auditorium K.H. Ahmad Dahlan UMS dalam acara jalan sehat pada Minggu (16/10).

Sofyan menyebut hal ini akan jadi sesuatu yang bersejarah bagi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), peresmian akan ditandai dengan tanda tangan rektor dari kedua kampus.

“Di puncak acara hari jadi, kita akan resmikan kerjasama membuka cabang di Korsel” imbuhnya.

Sebelumnya pada akhir Agustus lalu, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tidak hanya mendapat kesempatan untuk memperpanjang kontrak kerjasama dengan Tongmyong University. Namun, juga mendapat penawaran khusus untuk membuka universitas di Busan, mendapat tawaran lahan untuk membangun kampus di tempat tersebut.

“Alhamdulillah kerjasamanya lebih meluas, bukan hanya perpanjangan kontrak kerjasama antar universitas, bahkan oleh Rektor Tongmyong University secara khusus ditawari membuka universitas di Busan” terangnya.

Baca Juga : Daftar 15 Kampus Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik Di Indonesia Versi THE WUR 2023

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Tongmyong University selama ini telah bekerjasama melalui pembukaan program double degree, student exchange, dan lecture exchange.

Rektor Tongmyong University, Jeung Hong Sub akan hadir di hari Ulang tahun Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang ke-64 untuk menyampaikan orasi ilmiahnya, hal ini memberi nuansa yang berbeda dari hari-hari peringatan ulang tahun sebelumnya.

Tongmyong University sendiri berdiri di Busan, Korea Selatan pada tahun 1977. Dibentuk oleh Tongmyong Lumber yang merupakan salah satu pimpinan industri Korea pada 1960 – 1970 an.

Trending di Twitter

Kabar pembukaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Korea Selatan jadi berita heboh hingga trending di Twitter pada Selasa (18/10). Warganet antusias membicarakan kabar tersebut. Per hari selasa (18/10) siang pukul 13.000, sudah lebih dari 3.000 cuitan dibuat.

“Kalau beneran, pengen lanjut S2 di UMS Seoul”, “Wah asyik bisa kuliah di Korsel tapi universitasnya milik negeri sendiri” komentar warganet.

Sofyan sendiri belum menjelaskan secara detail tentang pembukaan cabang di Korea Selatan, akan diberi nama apa dan berisi jurusan apa saja. Program baru dalam tahap perencanaan dan belum ada pembicaraan secara khusus.

Tentunya jika ada informasi lanjutan pihak Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyampaikannya di website mereka.

Baca Juga : Syarat, Jenis Tes Dan Aturan SBMPTN 2023 Terbaru