Universitas Mercu Buana Beri Pelatihan Promosi Pariwisata Lewat Media Sosial di SMA Budi Mulia

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menggelar pelatihan TikTok untuk siswa SMA Budi Mulia, membimbing mereka dalam menciptakan konten kreatif untuk promosi pariwisata.

Universitas Mercu Buana Beri Pelatihan Promosi Pariwisata Lewat Media Sosial di SMA Budi Mulia
Kelompok Kuliah Peduli Negeri, Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana. Gambar: Istimewa

BaperaNews -  Dalam rangkaian acara Kuliah Peduli Negeri (KPN) Universitas Mercu Buana, kelompok mahasiswa dari fakultas Ilmu Komunikasi menggelar pelatihan kreatif bertema Promosi Pariwisata dengan judul "Pelatihan Membuat Media Promosi Pariwisata Melalui Sosial Media TikTok."di SMA Budi Mulia, Acara ini disponsori oleh Massuro Cafe & Kitchen.

Menggerakkan Generasi Muda untuk Mempromosikan Wisata Indonesia

Kegiatan KPN ini bertujuan untuk menggerakkan generasi muda agar lebih memahami betapa pentingnya promosi wisata Indonesia melalui TikTok. Selain itu, acara ini juga memberikan pelatihan kepada pelajar SMA Budi Mulia tentang teknik-teknik pembuatan konten promosi wisata yang menarik di TikTok, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas mereka dalam menciptakan konten promosi.

Menurut M Roiyhan Adinegara, salah satu anggota kelompok penyelenggara KPN, "Kami ingin memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang potensi TikTok sebagai media promosi wisata yang sangat efektif. Dengan pelatihan ini, kami berharap mereka dapat menghasilkan konten yang menginspirasi dan mempromosikan destinasi wisata Indonesia secara lebih luas."

Acara ini dihadiri oleh pembicara utama, M Roiyhan Adinegara, yang merupakan anggota kelompok penyelenggara KPN,serta  Amellia Delphia, Chitra Deviana Putri,Septarina Tajrial Adni,Tiara Alika Shafira. Roiyhan membagikan pengalamannya dalam menggunakan TikTok sebagai alat promosi yang efektif. Dalam paparannya, ia mengungkapkan, "TikTok adalah platform yang penuh potensi untuk memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia. Dengan cara kekinian, saya yakin pelajar SMA Budi Mulia dapat memanfaatkan platform ini dengan baik.". 

Dukungan dari Pihak Sekolah dan Universitas

Pihak SMA Budi Mulia juga turut mendukung kegiatan ini. Ir. H. Hikmat Sobari, M.M, Wakasek Humas SMA Budi Mulia,  mengapresiasi atas upaya pelatihan dalam mendukung pendidikan di sekolah tersebut

Selain itu, Reza Dzikry Fauzan, S.S., S.Sos., M.M., MSc. TESOL, Wakasek Kesiswaan SMA Budi Mulia, juga mengungkapkan harapannya agar para siswa dapat menggali kreativitas mereka dan menjadi duta wisata Indonesia melalui TikTok.

Dosen dari Universitas Mercu Buana (UMB), Ibu Yuliawati S.Sos, M.Ikom, turut hadir dalam acara ini sekaligus memberikan Plakat pada perwakilan guru SMA Budi Mulia.

Pelatihan dan Workshop yang Menarik

Acara ini tidak hanya berisi paparan teori, tetapi juga melibatkan pelajar SMA Budi Mulia dalam workshop praktis. Mereka diajarkan cara membuat konten-konten menarik di TikTok yang bisa memikat perhatian banyak orang. Dalam suasana penuh semangat, pelajar SMA Budi Mulia aktif berpartisipasi dan mengembangkan ide-ide kreatif mereka.

Kegiatan ini diakhiri dengan keseruan praktik langsung membuat konten di Tiktok, baik dari para pembicara maupun peserta. Pelajar SMA Budi Mulia tampak termotivasi untuk terus berkarya di dunia digital, sambil tetap mempromosikan kekayaan pariwisata Indonesia. 

Menginspirasi Melalui TikTok

Melalui kegiatan ini, Universitas Mercu Buana dan SMA Budi Mulia Ciledug berusaha menginspirasi generasi muda untuk berperan aktif dalam mempromosikan wisata Indonesia. Dengan TikTok sebagai media utama, diharapkan pesan keindahan alam dan budaya Indonesia dapat menyebar dengan lebih luas dan cepat.

Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana dan SMA Budi Mulia Ciledug berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan perkembangan generasi muda, serta mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata yang menakjubkan.