Unair Buka Pendaftaran Jalur Mandiri 2023, Bisa Tanpa Nilai UTBK

Universitas Airlangga membuka pendaftaran jalur mandiri. Ada 3 skema Seleksi Mandiri 2023 yang dibuka untuk calon mahasiswa yang tidak lulus UTBK SNBT.

Unair Buka Pendaftaran Jalur Mandiri 2023, Bisa Tanpa Nilai UTBK
Unair buka pendaftaran jalur mandiri 2023. Gambar : Gambar : Dok. Unair Surabaya

BaperaNews - Universitas Airlangga membuka pendaftaran untuk jalur mandiri Unair 2023. Ada 3 skema Seleksi Mandiri 2023 yang dibuka untuk calon mahasiswa yang tidak lulus UTBK SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dimana hasil seleksi UTBK SNBT akan diumumkan pada 20 Juni 2023 mendatang.

Jalur Mandiri Unair 2023 SMUA

Jalur mandiri Unair 2023 yang dibuka salah satunya ialah SMUA (Seleksi Mandiri Universitas Airlangga) Reguler Ujian Tulis yang dibuka pendaftarannya sejak 29 Mei 2023 lalu hingga 5 Juli 2023.

SMUA Reguler Tulis ini ialah jalur mandiri Unair yang memakai tes potensi akademik (TPA) dan tes kemampuan akademik (TKA) saintek atau soshum sebagai alat dan materi tesnya.

Jalur mandiri Unair 2023 tersebut memberi jalan kepada calon mahasiswa baru yang ingin masuk Unair namun tidak lolos ketika tes SNBT.

“Kami memberi kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang sulit mengikuti SNBT jika mungkin saat itu sedang ada kendala atau masalah” tutur Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih.

Baca Juga : Kapan Jalur Mandiri 2023 Dibuka? Ini Daftar PTN yang Sudah Membuka Pendaftaran

Materi TPA terdiri dari :

  • Kemampuan verbal
  • Numerik
  • Penalaran

Materi TKA terdiri dari :

  • Saintek (Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Matematika)
  • Soshum (Sosiologi, Sejarah, Ekonomi, Geografi, Matematika, Bahasa Inggris)

Ujian dilaksanakan dengan Computer Based Test (CBT) di Universitas Airlangga Surabaya

Prof. Dr. Mohammad Nasih menjamin adanya transparansi pada penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ini, tidak menitikberatkan pada UKA (uang kuliah awal).

“Semua sesuai dengan kemampuan calon mahasiswa, jika hasil tesnya kurang memenuhi kriteria yang kami persyaratkan tapi UKAnya besar juga tidak akan diterima” tegasnya.

Jalur Seleksi Mandiri Unair Lainnya

Jalur mandiri lain yang dibuka Universitas Airlangga ialah SMUA Kemitraan Ujian Tulis, TKA, dan Jalur UTBK. Jalur TKA dan URBK ini untuk kriteria tidak hanya dari kemampuan akademik saja namun juga dari hasil nilai tes SNBT dan TKA.

Sedangkan jalur mandiri SMUA Kemitraan Ujian Tulis ini hanya bisa dimasuki oleh peserta yang mendapat rekomendasi dari pemerintah atau perusahaan yang telah bekerjasama dengan Unair.

Seluruh proses pendaftaran jalur mandiri Unair 2023 bisa dengan datang langsung ke Kampus Unair atau mendaftar secara online terlebih dahulu di https://pendaftaran.unair.ac.id untuk kemudian mengikuti semua tahap tesnya.

Baca Juga : 15 Kampus dengan Jurusan Psikologi Terbaik Se-Indonesia Versi EduRank 2023