Siap-Siap! War Tiket Uji Coba LRT Jabodebek Dimulai 10 Juli 2023

LRT (Light Rail Transit) Jabodebek segera masuk masa soft launching yakni pada 12 Juli – 15 Agustus 2023. Pendaftaran war tiket uji coba LRT Jabodebek bisa dilakukan mulai 10 Juli 2023.

Siap-Siap! War Tiket Uji Coba LRT Jabodebek Dimulai 10 Juli 2023
War Tiket Uji Coba LRT Jabodebek. Gambar : Dok. INKA

BaperaNews - LRT (Light Rail Transit) Jabodebek segera masuk masa soft launching dimana di masa ini masyarakat dipersilahkan mencoba LRT Jabodebek secara gratis (Rp 1) namun dengan kuota terbatas.

Masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu. Dengan kata lain, harus war tiket uji coba LRT Jabodebek untuk bisa menikmati tawaran harga Rp 1.

Jumlah penumpang dibatasi, soft launching dilakukan pada 12 Juli – 15 Agustus 2023. Pendaftaran war tiket uji coba LRT Jabodebek bisa dilakukan mulai 10 Juli 2023.

“Bagi masyarakat yang ingin mencoba kegiatan soft launching LRT Jabodebek, bisa mendaftar melalui akun media sosial yang ada yakni di Instagram @lrt_jabodebek” kata Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo pada Kamis (6/7).

Di akun tersebut, nantinya ada tautan disertakan yang bisa diakses masyarakat untuk mendaftar tiket LRT Jabodebek dengan memasukkan data seperti nama, alamat, dan stasiun keberangkatan yang dipilih serta nomor telepon yang bisa dihubungi yakni Stasiun Dukuh Atas, Harjamukti, atau Jatimulya. Untuk stasiun tujuan turun masyarakat bebas memilihnya saat war tiket LRT Jabodebek.

Nomor telepon wajib dicantumkan untuk informasi jadwal keberangkatan saat membeli tiket LRT Jabodebek. Di masa soft launching nantinya, hanya 150 orang per 1 rangkaian kereta yang boleh ikut uji coba. Perjalanan yang disiapkan sebanyak 4 perjalanan.

“Memang kami batasi, nanti ada war tiket uji coba LRT Jabodebek untuk soft launching” pungkasnya.

Baca Juga : Cara Daftar Tiket LRT Gratis, Berlaku Seluruh Jabodebek

Ketika ikut soft launching, masyarakat diminta membawa Kartu Uang Elektronik (KUE) atau Kartu Multi Trip (KMT) karena untuk prosesnya ada transaksi Rp 1. Sebenarnya rencana awal digratiskan, namun untuk prosesnya harus ada tap kartu sehingga diterapkan tarif Rp 1 tersebut.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menambahkan, LRT Jabodebek ini diharap bisa membantu mengurangi kemacetan di Jakarta dimana warga yang sebelumnya memakai kendaraan pribadi bisa beralih ke transportasi umum yang aman, terjangkau, nyaman, dan cepat ini.

“Ini otomatis akan kurangi kendaraan yang masuk ke Jakarta, artinya juga mengurangi kemacetan” tutur Heru.

LRT Jabodebek meski beroperasional tanpa masinis, namun tetap memberi jaminan keselamatan untuk penggunanya. Dengan posisi melaju di jalan yang melayang, maka harus diperhatikan oleh pengguna bagaimana cara antisipasinya.

“Tidak hanya memperlancar kenyamanan dan kelancaran perjalanan dengan LRT Jabodebek, namun juga harus diantisipasi, jika terjadi musibah kecelakaan harus diperhitungkan dan dicegah dengan cermat. Informasi akan diberikan pada penumpang dalam bentuk video juga tulisan di stasiun dan di dalam kereta” tutup Wakil Ketua Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia Pusat Djoko Setijowarno.

Baca Juga : LRT Jabodebek Kenakan Tarif Rp 1 Pada Soft Launching