Ramai Soal Uang Koin 75, Ini Penjelasan Peruri

Ramai di media sosial soal video uang koin 75, dimana banyak yang menyimpulkan uang tersebut termasuk dari uang Rp 75.000, Kepala PERURI Adi Sunardi berikan penjelasan tentang vidio tersebut !

Ramai Soal Uang Koin 75, Ini Penjelasan Peruri
Uang koin 75 dan uang kertas Rp 75 ribu. Gambar : Tangkapan Layar TikTok/by_zoel

BaperaNews - Kepala Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) Adi Sunardi memberi penjelasan tentang video uang koin 75 yang viral di media sosial dimana banyak yang menyimpulkan uang tersebut adalah transisi dari uang Rp 75.000.

Adi Sunardi menjelaskan, video uang koin 75 tersebut bukanlah uang rupiah, tapi sebuah medali. “Medali itu ada angka 75 artinya Indonesia merdeka sudah 75 tahun, bukan uang logam rupiah” ujar Adi Sunardi saat diwawancara Kompas.com Rabu 23/12/2021.

Sebagaimana berita yang sedang viral di video tersebut digambarkan uang koin 75 seolah adalah transisi dari uang Rp 75.000. Postingan uang koin 75 tersebut awalnya diunggah oleh akun tiktok @by_zoel, ia memegang uang kertas Rp 75.000 sambil menari, saat ia menggerakkan jari, uang Rp 75.000 itu berubah jadi uang koin kuning emas dengan tulisan 75 dan di baliknya bertuliskan Republic of Indonesia.

“Bukan sulap bukan sihir, thanks big uang kuno” tulis akun tersebut. Sontak video itu banyak dipertanyakan dan warganet membuat kesimpulan sendiri tentang adanya uang Rp 75.

Sedangkan Adi Sunardi menegaskan ciri uang logam rupiah ialah ada gambar pahlawan, ada keterangan nominal rupiah, frasa yang tertulis Bank Indonesia. Adi Sunardi pun menegaskan video koin 75 yang beredar di media sosial jelas tidak punya ciri uang logam rupiah.

“Coba perhatikan sama sekali gak masuk ciri uang logam rupiah disitu, jadi itu jelas bukan alat pembayaran, tidak sah jadi alat transaksi apapun. Koin 75 itu pesanan khusus memang pesan ke Peruri di tahun 2020 kemarin,, itu souvenir acara untuk pelanggan” kata Adi Sunardi. 

“Peruri juga tidak menjual medali tersebut karena memang bukan milik Peruri, itu adalah milik pelanggan, Peruri hanya sebagai pencetak saja” lanjut Adi.

Sementara uang kertas Rp 75.000 yang ada di video Adi Sunardi menegaskan bahwa uang kertas tersebutlah yang asli uang Indonesia dan sah jadi alat pembayaran atau transaksi. “Nah kalau yang uang kertas Rp 75.000 itu memang uang sah, itu dicetak khusus dalam rangka peringatan kemerdekaan RI yang ke 75 dan itu sampai sekarang masih beredar serta resmi untuk digunakan” tutup Adi.