Polri Bakal Berlakukan Sistem One Way Pada Puncak Arus Mudik 19 April Mendatang

Polri akan memberlakukan rekayasa lalu lintas one way Tol Cikampek km 72 sampai Kalikangkung km 414 pada saat puncak arus mudik 19 - 21 April 2023.

Polri Bakal Berlakukan Sistem One Way Pada Puncak Arus Mudik 19 April Mendatang
Polri Bakal Berlakukan Sistem One Way Pada Puncak Arus Mudik. Gambar : Liputan6.com/Dok.Immanuel Antonius

BaperaNews - Polri memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 19-21 April 2023. Di tanggal tersebut rencananya akan diberlakukan rekayasa lalu lintas one way Tol Cikampek km 72 sampai Kalikangkung km 414.

“Kami dari pihak kepolisian akan menjalankan sistem one way di tanggal 18 April 2023 mulai dari km 72 sampai km 414, karena puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada  H-1 dan H-2 Lebaran” tutur Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho hari Minggu (2/4).

Sementara puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 24-25 April 2023 atau H+2 dan H+3 Lebaran serta pada 29 April-1 Mei 2023. One way juga akan diberlakukan di puncak arus balik.

“Sistem one way juga diberlakukan di puncak arus balik mulai km 414 sampai 72” lanjutnya.

Pihaknya sudah melakukan pemetaan sistem one way saat puncak arus mudik di titik-titik yang berpotensi macet ketika puncak arus mudik dan arus balik lebaran 2023, salah satunya ialah tol Cipali. Rest area Sumatra Jawa juga jadi titik macet, di jalur Sumatra ada di Indralaya-Palembang dan di Jawa ada di Tol Cipali.

Baca Juga : Mudik Gratis Polri 2023: Jadwal, Syarat, Rute, Hingga Waktu Keberangkatan

“Untuk pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu juga sempat terjadi kepadatan. Jika terjadi kemacetan, akan kita lakukan penguraian dengan contraflow, one way, dan ganjil genap” pungkas Sandi.

Operasi Ketupat Lebaran 2023

Selama ini selama masa mudik dan balik lebaran 2023 selalu terjadi kepadatan lalu lintas, sebab itu polisi akan menjalankan operasi ketupat untuk kelancaran mudik masyarakat.

Yang menjadi perhatian diantaranya ialah jalur arteri Pulau Jawa yang menjadi jalur mudik utama kendaraan roda dua serta roda empat, juga lokasi wisata di Jawa selalu terjadi lonjakan pengunjung di masa lebaran.

Sebab itu pihak kepolisian akan turunkan 148.211 personel selama operasi ketupat lebaran 2023, yakni dari Mabes Polri 1.240, Polda 91.153, dan instansi terkait lainnya 55.818 personel.

Masyarakat diharapkan memahami jalur-jalur yang telah disampaikan akan dilaksanakan sistem one way agar tidak muncul keluhan ketika menjalani mudik. Masyarakat bisa terus update informasi dari Polri atau memantau dari aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan arus lalu lintas mudik.

Diharapkan masyarakat juga tertib rekayasa lalu lintas yang dibuat agar tercapai kelancaran dan keselamatan selama mudik dan balik lebaran 2023. 

Baca Juga : Mau Mudik Lebaran Pakai Mobil? Ini Tips Mudik Tanpa Macet Berjam-jam!