Mudik Gratis Polri 2023: Jadwal, Syarat, Rute, Hingga Waktu Keberangkatan

Polri membuka program mudik gratis untuk semua masyarakat Indonesia. Berikut jadwal, syarat, rute, cara daftar hingga jadwal keberangkatannya.

Mudik Gratis Polri 2023: Jadwal, Syarat, Rute, Hingga Waktu Keberangkatan
Mudik Gratis Polri 2023. Gambar : Kompas.com/Dok. Tria Sutrisna

BaperaNews - Polri membuka layanan mudik gratis untuk semua masyarakat Indonesia yang berminat. Pendaftaran mudik gratis Polri dibuka pada 29 Maret - 12 April 2023.

Mudik gratis Polri berlaku untuk keberangkatan tanggal 18 dan 19 April 2023 dengan moda transportasi darat bus.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Divisi Humas Polri menyebut mudik gratis tahun ini disiapkan untuk warga Jakarta yang ingin pulang kampung ke daerahnya di masa libur lebaran 2023. Kota tujuan mudik gratis Polri ialah di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Berikut informasi mengenai pendaftaran mudik gratis Polri 2023, mulai dari kota tujuan, syarat daftar, hingga cara daftar yang telah dirangkum Tim Redaksi Bapera News. 

Kota Tujuan Mudik Gratis Polri 2023

Bus berangkat dari Monas, Jakarta Pusat pada 18-19 April 2023 mulai pukul 08.00 WIB. Kota-kota yang menjadi tujuan mudik yaitu :

1. Jawa Tengah

  • Jalur Utara : Brebes, Slawi, Pemalang, Kendal, Batang, Demak, Purwodadi, Klaten, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Pacitan
  • Jalur Selatan : Purbalingga, Wonosobo, Banjarnegara, Cilacap, Magelang, Kebumen, Kulonprogo, Sleman, Bantul, Gunung Kidul
  • Jalur Utara : Jepara, Blora, Pati

2. Jawa Timur

  • Jalur Utara : Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Gresik, Situbondo, Pasuruan, Jember, Lumajang, Malang Raya, Banyuwangi
  • Jalur Selatan : Magetan, Ngawi, Mojokerto, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Blitar

3. Jawa Barat

  • Jalur Utara : Majalengka, Indramayu
  • Jalur Selatan : Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Ciamis

Baca Juga : PLN Buka Program Mudik Gratis, Simak Cara Daftar, Rute, dan Jadwal Keberangkatan

Syarat Daftar Mudik Gratis Polri 2023

  • KTP
  • Fotocopy KTP 1 lembar
  • KK
  • Fotocopy KK I lembar

Cara Daftar Mudik Gratis Polri 2023

Masyarakat yang berminat bisa datang ke Seluruh Samsat Polda Metro Jaya, gerai SAMSAT Polda Metro Jaya, atau gerai SIM Polda Metro Jaya dengan membawa syarat dokumennya. Pendaftaran mudik gratis Polri 2023 dibuka pada hari Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB secara gratis.

“Jadi bagi masyarakat yang ingin daftar cukup bawa 1 fotocopy KTP dan KK” ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya Kompol Latief Usman dilansir dari laman resmi Divhumas Polri.

Pemerintah membuat sejumlah program mudik gratis untuk mengurangi kemacetan dan kepadatan lalu lintas serta membantu dari sisi biaya. Diharapkan dengan adanya mudik gratis ini banyak masyarakat beralih mudik dengan kendaraan umum dan pemudik dengan kendaraan pribadi bisa berkurang.

Bagi Anda yang berminat, segera datang ke seluruh SAMSAT, gerai SAMSAT, atau gerai SIM kawasan Polda Metro Jaya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Pemprov Jatim Buka Program Mudik Gratis 2023, Catat Jadwal dan Syaratnya!