Duh! KRL Yang Anjlok Di Kampung Bandan, Kembali Anjlok Di Stasiun Manggarai

Kereta listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek anjlok di Stasiun Manggarai pada Minggu (27/11). Diketahui, kereta tersebut merupakan rangkaian yang sama dengan KRL yang anjlok di Kampung Bandan kemarin.

Duh! KRL Yang Anjlok Di Kampung Bandan,  Kembali Anjlok Di Stasiun Manggarai
Kereta Anjlok di Kampung Bandan. Gambar: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

BaperaNews - Kereta listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek anjlok dari rel di Stasiun Manggarai, perjalanan pun mengalami gangguan. “KRL anjlok di sekitar Sudirman Stasiun Manggarai” ujar seorang penumpang bernama Sinta hari Minggu (27/11).

Dikutip Baperanews dari detikcom, KRL anjlok ketika hendak masuk Stasiun Manggarai dari arah Stasiun Sudirman, kejadian sekitar pukul 09.30 WIB. Akun instagram @dramakrlcommuterline menyebut KRL anjlok menyebabkan penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai, penumpang memadati peron dan tangga.

Salah satu penumpang bernama Firman juga mengaku melihat detik-detik kejadiannya. “Iya, tadi setelah saya turun, kemungkinan jam 10an, saya di belakangnya, kereta selanjutnya. Kalau saya lihat ada kepanikan, ada yang teriak” ungkapnya. Adapun Firman berada di KRL jurusan Stasiun Bandan, hendak ke Depok.

Penumpang lainnya bernama Sandro juga memberi kesaksian. “Saya kurang tau, saya keluar sudah ngeliat keretanya anjlok, kereta saya di belakang kereta itu. Udah menunggu sejam lebih. Saya nunggu aja, transportasi ke rumah kereta doang, naik angkot lebih jauh lagi sampai sana harus nyambung-nyambung lagi” tuturnya. Sandro penumpang KRL arah Bekasi, perjalanannya terganggu dan harus menunggu.

Keterangan KRL Commuter Line

Manajer Hubungan Masyarakat Kereta Commuter Indonesia Reza Arlan membenarkan kejadian tersebut, Kereta anjlok di lintas Manggarai – Tanah Abang, kereta yang anjlok sama dengan kereta yang sebelumnya anjlok di Kampung Bandan. Kejadian tepatnya pada hari Minggu (27/11) pukul 09.33 WIB.

“Kendala tersebut terjadi kembali di rangkaian commuter line yang sebelumnya mengalami masalah di Stasiun Kampung Badan” ujarnya. Rangkaian kereta yang anjlok telah ditarik oleh kereta penolong, dibawa ke Depo Pemeriksaan untuk diperbaiki di Balai Yasa Manggarai.

Namun, karena rangkaian keretanya terlalu berat, kereta anjlok kembali ketika masuk Stasiun Manggarai. “Karena rangkaian yang anjlok tersebut rusaknya cukup berat, rangkaian yang anjlok ini kembali bermasalah ketika akan dibawa masuk Stasiun Manggarai” terangnya.

Pihaknya sedang melakukan penanganan, perjalanan Manggarai – Tanah Abang sebaliknya tidak bisa diakses, pola operasi KRL dilaksanakan dengan rute :

  1.       Perjalanan Cikarang Bekasi – Angke via Manggarai hanya bisa sampai Jatinegara, kembali ke Bekasi.
  2.       Perjalanan relasi Cikarang Bekasi – Angke via Pasar Senen hanya bisa sampai Kemayoran atau Pasar Senen untuk kembali ke Bekasi.

“Penyebab kereta anjlok masih dalam penyelidikan, kami fokusnya ke evakuasi dulu” pungkasnya. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dari kejadian ini, seluruh penumpang dipindahkan ke Stasiun Jakarta Kota.