Komet Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Mengarah ke Bumi

Komet 12P/Pons-Brooks, tiga kali lebih besar dari Gunung Everest, meledak di luar angkasa dan kini mengarah ke Bumi. Simak selengkapnya di sini!

Komet Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Mengarah ke Bumi
Komet Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Mengarah ke Bumi. Gambar : Pixabay/Dok. Geralt

BaperaNews - Komet sebesar tiga kali Gunung Everest telah meledak di luar angkasa dan saat ini sedang mengarah ke Bumi.

Komet yang disebut 12P/Pons-Brooks tersebut meledak pada tanggal 5 Oktober 2023. Komet ini memiliki ciri unik, yaitu merupakan komet cryovolcanic dengan diameter kolosal mencapai 19,6 mil atau sekitar 315 kilometer, sebanding dengan ukuran kota kecil.

Sebagai perbandingan, Gunung Everest, salah satu puncak tertinggi di dunia, memiliki tinggi sekitar 5,5 mil atau sekitar 88,5 kilometer.

Komet 12P/Pons-Brooks pertama kali ditemukan oleh Jean-Louis Pons pada 12 Juli 1812. Komet ini tergolong sebagai salah satu dari 20 komet yang diketahui memiliki gunung es aktif. Namun, apa yang terjadi pada komet ini baru-baru ini menjadi sorotan para ilmuwan dan astronom.

Asosiasi Astronomi Inggris telah memantau perubahan pada komet 12P/Pons-Brooks setelah meledak. Mereka menyadari bahwa ledakan tersebut tampak puluhan kali lebih terang karena cahaya yang dipantulkan oleh awan gas yang mengelilingi pusat komet. Letusan seperti ini terjadi ketika sejumlah besar gas dan es menumpuk serta terbakar seperti kaleng minuman soda yang membeku.

Komet 12P/Pons-Brooks memiliki inti padat yang terdiri dari es, debu, dan gas. Inti padat tersebut bertindak seperti karbonasi dalam botol minuman soda. Ketika inti padat tersebut dipanaskan oleh matahari, tekanan di dalam cryomagma ini terus meningkat.

Hal ini menyebabkan nitrogen dan karbon monoksida meledak dan mengeluarkan puing-puing es melalui retakan besar di cangkang inti komet.

Baca Juga: Muncul 50 Ribu Tahun Sekali, Komet ZTF Akan Muncul Awal Februari!

Tidak hanya itu, kejadian ini menjadi lebih menarik karena ledakan ini adalah yang kedua dalam empat bulan terakhir. Sebelumnya, komet 12P/Pons-Brooks juga meledak pada tanggal 20 Juli 2023.

Dua ledakan ini menciptakan sesuatu yang tampak seperti sepasang tanduk raksasa jika dilihat melalui teleskop. Beberapa spekulasi bahkan menyebutkan bahwa bentuknya mirip dengan pesawat luar angkasa Millennium Falcon dalam franchise Star Wars.

Saat ini, komet 12P/Pons-Brooks berada di konstelasi Hercules dan dapat diamati dari arah Timur-Utara-Timur pada ketinggian 36 derajat di atas ufuk. Namun, karena komet ini terus bergerak mengarah ke Bumi, kemungkinan besar akan terus meledak, bahkan berpotensi lebih dahsyat dari sebelumnya.

Walaupun komet 12P/Pons-Brooks mengarah ke Bumi, tidak perlu khawatir bahwa komet ini akan menabrak Bumi. Komet 12P/Pons-Brooks akan berada di titik terdekatnya dengan Bumi pada April 2024.

Baca juga: Komet Terbesar Mengarah Ke Bumi, Jarak Terdekat 1,6 Miliar Km Di 2031!