Muncul 50 Ribu Tahun Sekali, Komet ZTF Akan Muncul Awal Februari!

Peneliti dari BRIN Andi Pangerang menyebut fenomena komet ZTF yang muncul 50 ribu tahun sekali diperkirakan akan melintas di dekat bumi pada awal Februari 2023 ini.

Muncul 50 Ribu Tahun Sekali, Komet ZTF Akan Muncul Awal Februari!
Komet ZTF akan muncul Februari 2023. Gambar : unsplash.com/Dok. Samuel PASTEUR-FOSSE

BaperaNews - Komet C/2023 E3 (ZTF) diperkirakan melintas di awal Februari 2023 ini, warga seluruh dunia punya kesempatan untuk melihatnya, sebab komet ZTF muncul 50 ribu tahun sekali.

Fenomena komet ZTF dikabarkan sudah dekat ke matahari pada Kamis (12/1) lalu, diperkirakan akan melintasi bumi pada 2 Februari 2023. Komet ZTF sebelumnya ditemukan pada 2 Maret 2022 oleh Astronom di Palomar Observatory Amerika Serikat.

Peneliti dari BRIN Andi Pangerang menyebut fenomena komet ZTF muncul 50 ribu tahun sekali dengan periode yang tidak bisa diperkirakan dengan tepat.

“Agak beda dari cerita yang beredar, terutama tentang komet yang diduga muncul terakhir kali pada 260 ribu tahun lalu atau zaman Neanderthal” tutur Andi Pangerang.

“Poin utamanya, komet ini tidak bisa ditentukan periodenya meski gerak hariannya bisa ditentukan, sebab ini terbentuk dari orbit yang hiperbola sehingga ada dua titik lenyap dan letaknya di jarak jauh yang tak terhingga” jelasnya.

Baca Juga : Komet Terbesar Mengarah Ke Bumi, Jarak Terdekat 1,6 Miliar Km Di 2031!

Komet ZTF Muncul 1-2 Februari dari Arah Utara

Namun fenomena komet ZTF diperkirakan lewat di dekat bumi pada Februari 2023 pukul 00.32 WIB yang jaraknya 42.472.000 km dari bumi. Ketika nanti melintas komet ZTF bisa disaksikan seluruh warga Indonesia mulai 1 Februari 2023 pukul 18.00 WIB hingga 2 Februari 2023 pukul 02.30 WIB atau sesuai waktu setempat dari arah utara.

Namun untuk bisa melihatnya dengan jelas, salah satu cara melihat komet ZTF ialah bebas dari polusi cahaya. “Untuk bisa mengamati Komet ZTF cukup cari tempat yang bebas polusi cahaya, medan pandang bebas dari penghalang, dan cuaca cerah. Komet ZTF juga bisa diabadikan dengan kamera DSLR atau kamera CCD, jangan lewatkan momen ini yang hanya sekali seumur hidup!” bunyi pesan di Instagram @lapan_ri.

Bentuk Komet ZTF

Komet ZTF beda dari bintang lain, bentuknya ada cahaya hijau menyelimuti ekornya. Komet ZTF sempat dilaporkan kehilangan ekor pada Selasa (17/1) lalu, diduga terjadi karena turbulen cuaca antariksa, yakni ada angin yang lebih kuat dari biasanya dan menabrak komet ZTF.

Ekor komet ZTF sendiri terbuat dari gas yang menguap serta debu yang dikeluarkan dari benda es ketika memanas ketika mendekati matahari. Jadi bersiap untuk melihatnya, jangan lupa abadikan, komet ZTF ini hanya melintas sekali seumur hidup, 50 ribu tahun sekali. Selamat mencoba!

Baca Juga : Ahli Beri Alasan Ilmiah Soal Fenomena Daratan Mekkah Menghijau