Jokowi Tanam Pohon di IKN, Fahd A Rafiq: Investasi Lingkungan Hijau

Kegiatan penanaman pohon di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi langkah krusial menuju kota hijau. Simak selengkapnya di sini!

Jokowi Tanam Pohon di IKN, Fahd A Rafiq: Investasi Lingkungan Hijau
Jokowi Tanam Pohon di IKN, Fahd A Rafiq: Investasi Lingkungan Hijau. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan penanaman pohon bersama masyarakat di sejumlah titik di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa diwujudkannya IKN sebagai kota hijau dan ramah lingkungan merupakan investasi alam lingkungan Indonesia di masa depan.

“Saya sangat mengapresiasi langkah nyata Presiden Jokowi dalam mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai kota hijau dan ramah lingkungan. Penanaman pohon ini merupakan investasi masa depan yang sangat berharga. Semoga IKN kelak benar-benar menjadi role model kota hijau di Indonesia,” ujar Fahd A Rafiq, Jumat (22/12).

Lokasi penanaman pohon pertama, yaitu area Sumbu Kebangsaan. Presiden Jokowi melaksanakan penanaman pohon meranti tembaga bersama sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari pekerja konstruksi dan pemuda pecinta lingkungan. Penanaman ini bertujuan untuk menghijaukan dan memperindah kawasan Plaza Sumbu Kebangsaan.

Kemudian, lokasi penanaman pohon kedua, yaitu Miniatur Reforestasi Hutan Tropis. Presiden Jokowi melakukan penanaman Pohon Bangkirai didampingi para menteri dan diikuti bersama sejumlah masyarakat.

“Apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penanaman pohon di Ibu Kota Nusantara ini. Semoga kerja samanya bisa terus berlanjut hingga target 70% tutupan hijau IKN tercapai. Jangan sampai hanya menjadi aktivitas satu kali, tapi harus berkelanjutan,” ujar Fahd A Rafiq, Jumat (22/12).

Lokasi penanaman berikutnya, yaitu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Presiden Jokowi melakukan penanaman pada areal seluas 500 ha, bersama dengan masyarakat termasuk para Green Ambassador, anak-anak sekolah, mahasiswa, dan pramuka.

IKN didesain menjadi Smart Forest City yang menargetkan 70% berupa tutupan hijau. Pemerintah tengah memulai kegiatan penghijauan di IKN dari berbagai jenis pohon asli dan endemic Kalimantan. Ini adalah upaya transformasi dari lanskap yang semula monokultur menjadi kawasan kota hijau dengan keanekaragaman tumbuhan.

Penulis : Ahmad G