Jokowi: Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Mulai Oktober 2023

Jokowi menargetkan Bandara Kertajati beroperasi penuh pada Oktober 2023, menggantikan Bandara Husein Sastranegara. Simak selengkapnya!

Jokowi: Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Mulai Oktober 2023
Jokowi: Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Mulai Oktober 2023. Gambar : Kompas.com/Dok. Hilda B Alexander

BaperaNews - Presiden Jokowi menyampaikan Bandara Kertajati sudah bisa dioperasikan untuk haji dan umrah. Penerbangan haji melalui Bandara Kertajati sudah melayani 8.000 lebih jemaah dari 7 kota / kabupaten di Jawa Barat. Umrah juga sudah bisa dilayani hingga 4 kali seminggu.

“Dan yang kedua, saya senang saat pengoperasian Bandara Kertajati juga sudah layani penerbangan umrah sampai 4 kali seminggu, melayani penerbangan internasional dari Kuala Lumpur menuju Kertajati sebanyak 2 kali seminggu” kata Jokowi ketika berkunjung ke Bandara Kertajati, Jawa Barat hari Selasa (11/7).

Jokowi menargetkan, pengoperasian Bandara Kertajati bisa beroperasi penuh pada Oktober 2023. Bandara yang berada di Kabupaten Majalengka tersebut akan menggantikan Bandara Husein Kertanegara, Bandung.

“Dan nantinya mulai Oktober akan beroperasi penuh, artinya Bandara Husein Sastranegara digeser ke Kertanegara, utamanya untuk pesawat jet” imbuhnya.

Meski targetnya bisa beroperasi penuh pada Oktober 2023, Jokowi mengungkap untuk penerbangan dan kedatangan dari pesawat baling-baling butuh waktu transisi terlebih dahulu selama 1 tahun.

“Untuk yang pesawat jet Oktober 2023, untuk yang baling-baling maksimal 1 tahun” terangnya. 

Baca Juga : Segini Tarif LRT Jabodebek Setelah Uji Coba

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan sudah ada sejumlah investor luar negeri yang ingin investasi di Bandara Kertajati. Namun Jokowi enggan mengungkap investor dari negara mana saja mereka berasal.

“Saya tidak bisa sebutkan investor dari negara mana dan siapa investornya. Kemarin masih proses tapi dari beberapa negara, tidak hanya satu negara. Yang kita harapkan nanti sebelum Oktober 2023 sudah selesai, ini semuanya masih proses” pungkas Jokowi.

Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir ketika berkunjung ke Bandara Kertajati. Erick juga mengaku senang aktivitas di Bandara Kertajati makin meningkat terlebih di masa haji dan umrah. Erick menegaskan hal ini bagian dari komitmen BUMN.

“Alhamdulillah geliat Kertajati meningkat setelah didapuk layani penerbangan haji dan umrah. Semua sesuai arahan Presiden Jokowi, pengoperasian Bandara Kertajati akan dikelola PT Angkasa Pura II. Saya senang karena aktivitas sudah sangat baik. Sudah melayani sekitar 8.000 jemaah haji dari 7 kota / kabupaten di Jawa Barat” tutup Erick.

Dalam kunjungan tersebut Jokowi juga sekaligus meresmikan Tol Cisumdawi yang menjadi salah satu akses utama ke Bandara Kertajati. Diharap adanya infrastruktur Bandara baru dan jalan tol ini bisa jadi penghubung untuk pembangunan, pertumbuhan wisata, perdagangan, dan investasi di daerah sekitar.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Bandara Ewer Papua Pada 6 Juli 2023