Jadwal Fenomena Langit Bulan September, Jupiter Bersinar Terang. Catat Tanggalnya!

Sederet Fenomena Langit Bulan September bakal terjadi dengan berbagai peristiwa, seperti fenomena Jupiter dan planet biru. Ini Tanggal kejadiannya!

Jadwal Fenomena Langit Bulan September, Jupiter Bersinar Terang. Catat Tanggalnya!
Sederet Fenomena Langit Bulan September, Mulai Dari Bulan Purnama Hingga Jupiter Akan Bersinar Terang. Gambar : Pixabay.com/Dok. Andrew-Art

BaperaNews - Sejumlah fenomena langit akan muncul sepanjang September 2022, mulai dari bulan purnama hingga Jupiter bersinar terang. Salah satu fenomena langit yang paling menarik ialah penampakan planet terbesar di tata surya yaitu Jupiter.

Jupiter akan berada di tengah matahari dan bumi dengan sejajar sehingga tampil lebih besar dan cerah, alhasil, warga Bumi bisa melihat Jupiter dengan tanpa bantuan teleskop.

Berikut sederet fenomena langit cantik yang terjadi pada bulan September 2022 :

  1.       Bulan purnama – 10 September

10 september bulan purnama berada di posisi yang berlawanan dari bumi dan matahari, puncaknya pada pukul 16.58 WIB.

  1.       Penampakan planet biru – 16 September

Planet raksasa biru, neptunus akan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi dan seluruh permukaannya menyala karena diterangi matahari. Hal ini akan membuat neptunus nampak lebih terang dari waktu lainnya. Neptunus akan terlihat seperti titik biru kecil kecuali jika dilihat dengan teleskop yang lebih kuat.

  1.       Ekuinoks – 23 September

Ialah fenomena siang dan malam hampir sama di seluruh dunia karena matahari berada tepat di atas khatulistiwa. Fenomena langit ini bersamaan dengan hari pertama musim gugur di bumi utara dan hari pertama musim semi di belahan bumi selatan.

Baca Juga : Nasa Temukan Planet Surga Dan Planet Neraka, Seperti Di Film “Waterworld”

  1.       Bulan baru – 25 September

Bulan akan menghilang dan tidak terlihat di langit malam pada pukul 04.55 WIB, waktu ini menjadi waktu terbaik untuk mengamati objek redup seperti bintang dan galaksi karena tidak terhalang oleh cahaya bulan.

  1.       Jupiter terang dan besar – 26 September

Jupiter akan tampil lebih terang dan besar dibanding waktu lainnya sepanjang tahun, Jupiter bisa dilihat dengan mata telanjang berbentuk titik terang di langit, namun jika melihat dengan teleskop akan menunjukkan penampakan lebih jelas seperti detail pita awan Jupiter dan empat bulan terbesar Jupiter.

  1.       Hari tanpa bayangan

Hari ini Rabu (7/9) siang sejumlah wilayah Indonesia menikmati hari tanpa bayangan karena matahari berada di titik tegak lurus di atas Indonesia. Fenomena langit ini terjadi mulai (7/9) sampai 21/10 2022.

Cara menikmatinya ialah dengan menyiapkan benda tegak seperti spidol atau lainnya. Letakkan di permukaan yang rata dan amati, akan muncul moment dimana tidak ada bayangan dari benda tersebut dalam waktu lima menit. Jadwal di sejumlah wilayah Indonesia berbeda-beda.