Hutan California Kebakaran Saat AS Dilanda Gelombang Panas

Sejumlah kota di AS sedang menghadapi suhu atau gelombang panas yang ekstrim membuat hutan California ditelan api sekitar 4.800 hektar.

Hutan California Kebakaran Saat AS Dilanda Gelombang Panas
Hutan California kebakaran saat AS dilanda oleh gelombang panas. Gambar : sfchronicle.com

BaperaNews - Hutan California mengalami kebakaran disaat gelombang panas menerpa sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (23/07). 

Petugas pemadam menjelaskan bahwa sekitar 4.800 hektar ditelan api dalam 24 jam terakhir. Kebakaran berpusat di Mariposa County dan sudah menghancurkan 10 properti serta lima bangunan lainnya. 

Mendengar terjadi kebakaran di hutan California, Gubernur California yakni Gavin Newsom menetapkan status darurat di Mariposa County. 

“Status darurat diterapkan karena kondisi bahaya ekstrim terhadap keselamatan orang hingga properti,” ujar Gavin Newsom. 

Selanjutnya, Pejabat Departemen Kehutanan Perlindungan dan Kebakaran California yakni Hector Vasquez menyebut sudah mengevakuasi 6 ribu orang usai bencana kebakaran hutan California. Pada Sabtu (23/07) malam api belum juga padam. 

Vasquez juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengerahkan pesawat dan 500 petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api hutan California

“Ada personil yang muncul dari berbagai departemen di seluruh negara bagian untuk membantu mengendalikan kebakaran tersebut,” ujar Vasquez. 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, California dan negara lainnya memang sedang diterjang kebakaran karena cuaca yang ekstrim dan perubahan iklim.

Baca Juga : Suhu Tertinggi Di Inggris Cetak Sejarah Capai 40,2 Derajat Celsius

“Kekeringan dan suhu tinggi tidak menguntungkan buat kami,” imbuh Vasquez.

Sebelumnya, sejumlah kota di AS sedang menghadapi beban suhu yang ekstrim. Suhu di wilayah seperti Dallas dan Oklahoma City sedang panas dan mencapai lebih dari 38 derajat celcius, dan gelombang panas tersebut setidaknya untuk lima hari kedepan. 

Menurut Dinas Cuaca Nasional, mereka juga memperingatkan akan ada badai hebat di sejumlah wilayah Amerika Serikat (AS). 

Tak hanya itu, Direktur Badan Manajemen Darurat di Oklahoma, Area Tusla, Joseph Kralicek akhirnya buka suara mengenai gelombang panas yang terjadi di beberapa wilayah Amerika Serikat (AS). 

“Ini benar-benar salah satu hal yang kami kenal di Oklahoma. Gelombang panas yang terjadi bisa menjadi pembunuh nomor satu terkait cuaca di seluruh Amerika Serikat (AS),” ujar Joseph Kralicek.

Gelombang panas juga terjadi di Kota Boston, Philadelphia hingga Washington. Wilayah yang biasanya dingin yakni Pacific Northwest juga tidak lepas dari gelombang panas yang terjadi. 

Penduduk di wilayah tengah Amerika Serikat (AS) memperkirakan suhu gelombang panas mencapai 39 derajat celcius pada Sabtu dan 41 derajat celcius pada Minggu dan Senin. 

Ibu Kota Amerika Serikat (AS), Washington diperkirakan akan mencapai suhu gelombang panas mencapai 38 derajat celcius pada Minggu untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.