Gunakan 2 Unit Robot Damkar Saat Padamkan Gudang Amunisi TNI, Begini Spesifikasinya

Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mengandalkan robot DOK-ING dan LUF 60 dalam menanggulangi kebakaran di Gudang Amunisi Daerah. Simak selengkapnya di sini!

Gunakan 2 Unit Robot Damkar Saat Padamkan Gudang Amunisi TNI, Begini Spesifikasinya
Gunakan 2 Unit Robot Damkar Saat Padamkan Gudang Amunisi TNI, Begini Spesifikasinya. Gambar : Viva/M Ali Wafa

BaperaNews - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta turut serta dalam menangani kebakaran yang terjadi di Gudang Amunisi TNI atau Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Jaya/Bekasi, Desa Ciangsana, pada Minggu (31/3).

Dalam penanganan kejadian tersebut, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta memobilisasi 16 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar), termasuk dua unit robot yang telah menjadi andalan mereka sejak tahun 2020 lalu.

Kedua mobil robot damkar yang dikerahkan tersebut adalah DOK-ING dan LUF 60. DOK-ING MVF-5, robot yang berasal dari Kroasia, memiliki kemampuan untuk mengurai material kebakaran. Dilengkapi dengan sembilan CCTV yang dipasang di setiap sudut bodinya, robot ini memiliki jarak pandang hingga 1.500 meter.

DOK-ING MVF-5 memiliki kapasitas tangki air sebesar 2.500 liter dan tangki busa sebesar 500 liter dengan pompa berkekuatan 15 bar. Selain itu, robot ini dilengkapi dengan pencapit di depan yang dapat membantu dalam memindahkan kendaraan yang terhalang.

Baca Juga: 200 Warga Mengungsi Imbas Ledakan Hebat di Gudang Amunisi TNI

Sementara itu, LUF 60, robot pemadam kebakaran asal Austria, memiliki kemampuan untuk menyemprotkan air sejauh 70 meter dan busa sejauh 90 meter. Robot damkar ini juga dapat mengusir asap sejauh 99 meter menggunakan ventilator fan berkekuatan 165 Kpj.

Berbeda dengan DOK-ING MVF-5, LUF 60 memiliki ukuran yang lebih kecil dan dilengkapi dengan mesin diesel bertenaga 140 Tk dengan kecepatan maksimal 4,5 Kpj. Kedua robot ini dapat dioperasikan dari jarak jauh menggunakan remote control dengan radius antara 300 meter hingga 1.500 meter.

Kedua robot ini dianggap memiliki peran yang sangat penting dalam penanganan kebakaran, terutama ketika melibatkan bahan-bahan berbahaya, kimia beracun, hingga asap pekat. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, DOK-ING dan LUF 60 mampu membantu petugas pemadam kebakaran dalam mengatasi kejadian darurat dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Kebakaran Gudang lazada dan Si Cepat di Jakbar Berhasil Dipadamkan