Pekan Budaya Nasional 2023 Akan Digelar di 40 Titik Jakarta

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 adalah rumah besar bagi seniman dan masyarakat untuk merayakan seni, budaya, dan kreativitas Indonesia. Simak selengkapnya!

Pekan Budaya Nasional 2023 Akan Digelar di 40 Titik Jakarta
Pekan Budaya Nasional 2023 Akan Digelar di 40 Titik Jakarta. Gambar : Detik.com/Tia Agnes

BaperaNews - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 akan segera digelar mulai 20 hingga 29 Oktober 2023. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini menggunakan metode 'Lumbung' dan melibatkan berbagai seniman multidisiplin dari seluruh Indonesia.

Pekan Kebudayaan Nasional akan mencapai tahap memamerkan karya hasil dari fase 'rawat', 'panen', dan 'bagi', dan akan menyebar di berbagai lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

PKN 2023 seolah membentuk sebuah rumah besar yang akan menjadi tempat berkumpulnya seniman dan masyarakat. Konsep "ruang tamu" digunakan untuk menerima masyarakat yang akan datang.

Ade Darmawan, salah satu kurator Pekan Kebudayaan Nasional, menjelaskan bahwa konsep ini mencerminkan tradisi Indonesia dalam menjamu tamu. Ruang tamu menjadi tempat yang intim dan hangat, di mana tidak ada pemisahan antara pelaku seni, karya seni, dan penonton.

Ruang tamu PKN 2023 tersebar di 40 titik di seluruh Jakarta, termasuk Bekasi, Ciputat, Bogor, dan Kepulauan Seribu. Ada juga empat titik utama di Ibu Kota, yaitu Galeri Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional atau Gedung STOVIA, Produksi Film Negara, dan M Bloc Space di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. 

Baca Juga : Niall Horan Konser di Jakarta 11 Mei 2024, Segini Harga Tiketnya!

Sejak Juni 2023, puluhan komunitas telah diundang untuk berpartisipasi dalam PKN 2023. Tim kuratorial yang terdiri dari delapan orang telah menjalani serangkaian tahapan, mulai dari fase 'Rawat', yang mencakup residensi dan penelitian, hingga fase 'Panen' yang berlangsung sejak Juli hingga Agustus 2023, yang melibatkan pengumpulan karya seni, dokumentasi, dan pengarsipan.

Tahapan terakhir adalah 'Bagi', di mana karya seni siap ditampilkan kepada pengunjung. Pekan Kebudayaan Nasional 2023 akan diramaikan oleh berbagai acara, termasuk pameran seni, tur, perjamuan, pagelaran seni, konferensi, lokakarya, penerbitan, gelar wicara, dan instalasi seni.

Selama 20-29 Oktober 2023, PKN 2023 akan menggelar berbagai kegiatan, mulai dari pameran seni, kenduri rasa, lokakarya, dapur bangsa, diskusi publik, perjamuan, pergelaran seni, gelar wicara, instalasi seni, konferensi, artist talk, kongres, perjamuan, hingga permainan tradisional. 

Baca Juga : One Piece Exhibition Hadir di Jakarta, Segini Harga Tiketnya!