Disney+ Akan Blokir Akun yang Berbagi Password

Disney Plus melarang pengguna berbagi password. Akun yang melanggar aturan ini akan dibatasi bahkan diblokir.

Disney+ Akan Blokir Akun yang Berbagi Password
Disney+ Akan Blokir Akun yang Berbagi Password. Gambar : Tangkapan Layar/Hotstar.com

BaperaNews - Tiru strategi Netflix, Disney Plus juga larang pengguna berbagi password. Akun berbagi password akan diblokir agar tidak merugikan perusahaan dan bisa menggaet lebih banyak pengguna berbayar.

Hal ini disampaikan Disney Plus ke email pengguna dimana dijelaskan bahwa pengguna tidak diijinkan berbagi langganan kepada orang lain di luar anggota keluarga atau luar rumahnya.

“Anda tidak boleh membagi langganan ke rumah tangga kecuali jika diijinkan ketentuan langganan yang Anda gunakan” kata Disney Plus di email kepada penggunanya.

Jika ada akun berbagi password, maka akan dibatasi bahkan diblokir aksesnya ke layanan serta memberi sanksi lainnya sesuai aturan. Aturan diterapkan di pengguna Kanada terlebih dahulu mulai 1 November 2023. Pengguna di luar Kanada belum diterapkan aturan itu dan belum dijelaskan kapan akan ditetapkan.

Netflix sendiri sebelumnya mengumumkan hal serupa, akun berbagi password ke orang lain di luar rumahnya diblokir. Disney Plus kini lakukan hal serupa untuk atasi praktik berbagi password yang merugikan perusahaan karena satu akun bisa dipakai ke banyak orang, membuat jumlah pelanggan berkurang.

Adapun rencana penerapan telah disampaikan Disney Plus sejak Agustus 2023 lalu ketika perusahaan mengumumkan laporan pendapatan untuk Kuartal III 2023. CEO Disney Plus Bob Iger menyebut larangan berbagi password mulai berlaku di tahun 2024. 

Baca Juga : Menkominfo Kaji Aturan Sensor Netflix Hingga Disney+

Sekarang rencana ini terbukti bahkan dipercepat karena telah mulai diberlakukan November 2023 di Kanada. Maka negara lain pun juga akan diterapkan hal serupa meski belum diketahui dengan jelas kapan waktunya.

Netflix sebelumnya melarang pengguna berbagi password usai pendapatannya anjlok di Kuartal I 2022. Sejak itu aturan diterapkan di Amerika Serikat kemudian di negara lainnya. Bersamaan dengan itu, Netflix menghadirkan layanan tambahan ekstra untuk pengguna yang ingin berbagi password dengan orang lain di luar rumahnya.

Dengan demikian orang di luar rumahnya akan mendapat sandi dan profil sendiri sehingga bisa tercatat lebih jelas berapa jumlah pengguna. Disney Plus menyadari adanya pengguna yang berbagi password bisa mengurangi jumlah pengguna mereka bahkan bisa berpengaruh pada pendapatan mereka.

Sebab itu Disney Plus berencana blokir akun berbagi password untuk mencegah hal tersebut terjadi dan memastikan perusahaan tetap bisa beroperasional dengan baik di berbagai negara yang tersedia layanan dan jaringannya.

Baca Juga : 7 Tahun Berlalu, Netflix Rilis Film Dokumenter Kasus Kopi Sianida Jessica