Bule Ogah Snorkeling di Nusa Penida Gegara Banyak Sampah

Heboh seorang turis mancanegara tidak mau olahraga snorkeling karena banyak sampah platik. Simak selengkapnya!

Bule Ogah Snorkeling di Nusa Penida Gegara Banyak Sampah
Bule Ogah Snorkeling di Nusa Penida Gegara Banyak Sampah. Gambar: Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Viral seorang turis mancanegara alias bule yang berwisata ke Bali ogah melakukan olahraga air snorkeling karena banyaknya sampah plastik berceceran hingga membuat air laut nampak lebih pekat dan hitam.

Bule tersebut mengunggah kondisi Nusa Penida yang penuh sampah plastik. Sampah di Bali ini membuatnya ogah snorkeling di Bali. Ia pun menyesalkan banyaknya wisatawan yang tidak peduli pada kebersihan laut di Bali.

Lokasi spot yang dimaksud iaah di Manta Nusa Penida. Unggahan bule ini telah mendapat respon dari Kadispar Bali Tjok Bagus Pemayun. Bagus menjelaskan sumber sampah plastik yang berada di perairan Nusa Penida Bali.

Baca Juga : Viral Video Pemotor Lewati Taman Lenteng Agung Demi Tak Kena Macet

“Benar apa yang disampaikan. Penyebab banyaknya sampah di Bali Nusa Penida ini salah satunya karena arus laut dan dampak musim hujan. Arus laut bisa membawa sampah ke tempat lain termasuk ke pantai dimana sampah bisa dari sungai dan sampailah di pantai, sampah di Bali bisa berasal dari mana-mana (tidak sepenuhnya dari wisatawan). Ini juga akibat musim hujan, sampah di sungai terbawa sampai ke laut” jelas Bagus hari Senin (14/8).

Pemprov Bali juga menurut Bagus telah berusaha semaksimal mungkin untuk atasi dan bersihkan sampah di Bali termasuk sampah plastik meski belum bisa menyentuh sampah plastik di pasar tradisional yang masih banyak dipakai dan diedarkan untuk membawa barang belanjaan.

“Kami di Bali, Gubernur Bali ada peraturan. Tentang batasan timbunan sampah dan tentang plastik sekali pakai. Dua aturan ini sudah berhasil meminimalisir sampah plastik di Bali. Untuk pasar modern sudah bisa kami awasi dan tidak ada lagi sampah plastik. Tapi untuk pasar tradisional kami belum bisa monitoring secara optimal. Di hotel, kami sudah berikan kurasi pada hotel bagaimana komitmen mereka dalam mengelola sampah. Sampah organic dan non organic dipisah” pungkas Bagus.

Sementara bule yang mengunggah ia malas snorkeling di Bali karena banyak sampah beranam Sara Walsh. Sara liburan di Bali bersama adik laki-lakinya.

Bule asal Massachusettes AS ini mengaku kecewa tak bisa snorkeling di Bali tepatnya di Manta Rays Nusa Penida karena banyak sampah padahal di media sosial ada unggahan tentang bersihnya air di perairan tersebut dan apa yang ia lihat tidak sesuai. Ia mengunggah dengan judul Instagram vs Reality.

Baca Juga : Fakta Temuan Densus 88 di Rumah Karyawan BUMN KAI Teroris