TikTok Shop Ditutup, Raffi Ahmad Jualan di Live Instagram

Imbas TikTok Shop resmi ditutup oleh pemerintah Indonesia, kini Raffi Ahmad jualan di live Instagram.

TikTok Shop Ditutup, Raffi Ahmad Jualan di Live Instagram
TikTok Shop Ditutup, Raffi Ahmad Jualan di Live Instagram. Gambar : Instagram/@raffinagita1717

BaperaNews - Secara resmi TikTok Shop ditutup usai pemerintah membuat aturan tegas pelarangan menyatukan media sosial dengan e-commerce.

TikTok kini hanya menjadi media sosial sepenuhnya untuk konten maupun promosi namun tidak untuk berjualan secara langsung. TikTok harus membuat platform baru jika tetap ingin berbisnis e-commerce di Indonesia.

TikTok Shop selama ini tidak hanya dimanfaatkan masyarakat untuk berdagang maupun membeli berbagai kebutuhan. TikTok Shop juga dimanfaatkan para artis untuk berjualan atau menjadi afiliator dengan cara live TikTok termasuk oleh Raffi Ahmad. Kini setelah TikTok Shop ditutup, Raffi Ahmad beralih berjualan ke live Instagram.

Raffi Ahmad berjualan di live Instagram bersama istrinya Nagita Slavina pada Rabu malam (4/10). Nampak Raffi menawarkan sejumlah peralatan rumah tangga seperti panci hingga sabun mandi. Live Instagram dilakukan bersama salah satu karyawannya dan ditonton lebih dari 6.000 orang.

TikTok Shop ditutup tidak hanya mengundang protes dari pedagang online. Dokter Richard Lee juga merasa kebijakan pemerintah ini tidak tepat mengingat TikTok Shop juga menjadi sumber pendapatan jutaan warga Indonesia.

“Online shop, live TikTok, memang menawarkan kemudahan tidak seperti offline shop, tapi bukan berarti harus dihilangkan platformnya. Memang harus menyesuaikan diri dengan teknologi yang pada dasarnya lebih mudah.

Tidak perlu sewa tempat, hanya modal kuota. Kalau pemikirannya maju juga bisa. Digitalisasi itu nyata, mau tidak mau kita yang harus hadapi dan berubah” komentar Dokter Richard. 

Baca Juga : TikTok Shop Dihapus: Mendag Beri Waktu Seminggu

Sebelumnya pedagang di pasar Tanah Abang mengeluh dagangannya sepi karena pembeli beralih ke belanja online seperti ke TikTok. Diketahui TikTok membuat jutaan warga Indonesia tertarik karena penyampaian konten barang dagangan yang dinilai lebih menarik belum lagi diskon bertubi-tubi dan pembeli bisa mendapat harga lebih murah ketika penjual melakukan live TikTok.

Para artis dan selebgram pun kemudian berbondong-bondong ikut berjualan dengan live TikTok dimana mereka yang telah dikenal cenderung lebih mudah ditonton dan menjual dagangannya. Hal ini membuat para pedagang offline pasar Tanah Abang merasa dagangan mereka sepi karena ada TikTok kemudian meminta TikTok ditutup.

Kini TikTok Shop sudah resmi ditutup, belum diketahui bagaimana nasib pedagang offline pasar Tanah Abang apakah memang dagangannya kembali ramai seperti dulu mengingat perkembangan teknologi memang tak bisa dihindari. Masyarakat cenderung beralih ke belanja online yang dinilai lebih mudah dan murah dari segala sisi.

@baperanews.com Secara resmi TikTok Shop ditutup usai pemerintah membuat aturan tegas pelarangan menyatukan media sosial dengan e-commerce. Kini setelah TikTok Shop ditutup, Raffi Ahmad beralih berjualan ke live Instagram.Raffi Ahmad berjualan di live Instagram bersama istrinya Nagita Slavina pada Rabu malam (4/10). Nampak Raffi menawarkan sejumlah peralatan rumah tangga seperti panci hingga sabun mandi. Live Instagram dilakukan bersama salah satu karyawannya dan ditonton lebih dari 6.000 orang #raffiahmad #livejualan #viral #baperanews ♬ Funny video "Carmen Prelude" Arranging weakness(836530) - yo suzuki(akisai)

Baca Juga : TikTok Shop Luncurkan Fitur Baru! Bebas Iklan dengan Bayar Rp 78.000