Elon Musk Akan Datang ke Indonesia untuk Resmikan Starlink di Bali

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi bahwa Elon Musk berencana untuk datang ke Indonesia meresmikan internet satelit Starlink dalam World Water Forum. Simak selengkapnya di sini!

Elon Musk Akan Datang ke Indonesia untuk Resmikan Starlink di Bali
Elon Musk Akan Datang ke Indonesia untuk Resmikan Starlink di Bali. Gambar: Instagram/@elonmuskofficialchat_

BaperaNews - Elon Musk, CEO SpaceX, dijadwalkan akan menghadiri acara resmi di Bali untuk meresmikan layanan internet satelit Starlink dalam ajang World Water Forum.

Kabar rencana Elon Musk datang ke Indonesia ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut Luhut, kehadiran Starlink di Indonesia diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah, terutama daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Elon Musk juga akan turut berbicara pada pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali," kata Luhut, pada Rabu (15/5).

Luhut menjelaskan bahwa Starlink diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah ketimpangan layanan internet di Indonesia, dan agenda peresmian Starlink telah dipersiapkan dengan matang dalam rangkaian acara World Water Forum.

Luhut juga menegaskan bahwa Elon Musk akan menjadi pembicara publik dalam sesi pembukaan World Water Forum. Starlink telah mendapatkan izin untuk beroperasi di Indonesia, dengan tujuan menyediakan akses internet langsung kepada konsumen akhir, bukan hanya sebagai mitra bisnis seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga: Mulai Rp750 Ribu, Ini Daftar Harga Paket Internet Starlink di Indonesia

Layanan Starlink bahkan sudah mulai digunakan oleh sebagian warga Indonesia, terutama di sekitar Bandung.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan bahwa layanan Starlink telah melewati tahap Uji Laik Operasi (ULO). Namun, informasi terkait PT Starlink Indonesia masih terbatas, termasuk identitas manajemen, lokasi kantor, dan fasilitas layanan pelanggan untuk pelanggan di Indonesia.

Kedatangan Elon Musk ke Indonesia untuk meresmikan Starlink di Bali menjadi momen penting dalam pengembangan infrastruktur internet di Indonesia. Kehadiran layanan Starlink diharapkan dapat membawa manfaat signifikan bagi masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh layanan internet konvensional.

Selain itu, ini juga menjadi bukti nyata komitmen SpaceX dan Elon Musk dalam mendukung pengembangan teknologi di Indonesia.

Baca Juga: Elon Musk Akan Pungut Biaya pada Pengguna Baru X untuk Berinteraksi dengan Postingan