PepsiCo Resmi Kembali ke Indonesia Setelah Hengkang 4 Tahun

PepsiCo kembali hadir di Indonesia bekerja sama dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

PepsiCo Resmi Kembali ke Indonesia Setelah Hengkang 4 Tahun
PepsiCo Resmi Kembali ke Indonesia Setelah Hengkang 4 Tahun. Gambar : Unsplash/Dok. Ja San Miguel

BaperaNews - PT PepsiCo Indonesia membangun pabrik manufaktur makanan ringan di negara ini usai 4 tahun hengkang tepatnya sejak 10 Oktober 2019.

PepsiCo kembali ke Indonesia dengan membangun pabrik di Greenland International Industry Center, Cikarang, Jawa Tengah. Pabrik ditargetkan beroperasi mulai tahun 2025.

PepsiCo ialah produsen makanan ringan seperti Cheetos, Lay’s, dan Doritos. Butuh waktu 2 tahun untuk membangun pabrik yang berada di lahan seluas 60.000 meter persegi. Belum diumumkan makanan ringan apa saja yang akan diproduksi.

Peletakan batu pertama pembangunan dilakukan pada hari Rabu (30/8) disaksikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Atase Perdagangan Amerika Serikat untuk Indonesia Melissa Marszalek.

Acara juga dihadiri CEO Asia Business PepsiCo Parinya Kaitjatanapan dan CEO PepsiCo Indonesia Asif Mobin. Nilai investasi proyek mencapai USD 200 juta atau Rp 3 triliun.

Alasan PepsiCo bangun pabrik di Cikarang dan kembali beroperasional di Indonesia karena potensi pasar yang besar dan kemudahan izin berusaha. 

Baca Juga : Fakta Dibalik Viralnya Indofood Luncurkan Es Krim Indomie Goreng

“Indonesia ialah pasar terbesar di dunia dimana populasinya mewakili 48% Asia Tenggara. Ini adalah kunci utama PepsiCo bangun pabrik di Cikarang dan kembali ke Indonesia. Pemerintah disini juga melakukan pekerjaan yang bagus dalam hal investasi” kata CEO Asia Business PepsiCo Parinya Kaitjatanapan.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menghargai upaya serius PepsiCo kembali ke Indonesia dan berperan dalam ekonomi Indonesia dengan investasinya.

Ia ingin investasi tersebut bisa menjadi alat transfer pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat Indonesia serta memberi manfaat pada UMKM.

“Kami harap investasi ini bisa memberi manfaat untuk masyarakat dengan bekerjasama dengan UMKM di sekitar. Saya hanya titipkan satu hal saja, libatkan pengusaha lokal untuk jadi rantai logistik dan pasokan sebab untuk kami bukan berapa nilai investasi yang masuk tapi berapa nilai investasinya untuk masyarakat Indonesia” sambung Bahlil.

Kolaborasi PepsiCo bangun pabrik dengan pelaku usaha lokal yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memastikan pemanfaatan ekonomi yang baik untuk semua pihak yang terlibat.

Proses pembangunan pun memperhatikan kesehatan lingkungan. Semua proses pembangunan dan operasional memakai 100% tenaga listrik hingga memakai air daur ulang.

Baca Juga : Promo Makanan Hari Ini: KFC, Gildak Hingga Burger King