Pemkab Paluta Bersama Bank Sumut Gelar Sosialisasi Dan Launching KKPD

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara bersama Bank Sumut Cabang Gunungtua meresmikan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

Pemkab Paluta Bersama Bank Sumut Gelar Sosialisasi Dan Launching KKPD
Pemkab Paluta Bersama Bank Sumut Gelar Sosialisasi Dan Launching KKPD. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara bersinergi dengan Bank Sumut Cabang Gunungtua menggelar Sosialisasi dan Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Aula Hotel Mitra Gunungtua pada Kamis, 1 Februari 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Sementara (Pj) Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., yang diwakili oleh Asisten III Maralobi Siregar, S.Sos., MM., serta Kepala Cabang PT. Bank Sumut Gunung Tua, Abdi Guna Tarigan. Hadir juga Inspektur Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara, Erwin Hotmansah Harahap, S.STP., MM., Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Bendahara Pengeluaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala BPKPD Bangun Parlaungan, SE., MM., dijelaskan bahwa KKPD merupakan bagian dari mandat yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah.

KKPD dianggap sebagai langkah Reformasi Birokrasi yang sedang diperkuat oleh pemerintah. Selain itu, KKPD juga menjadi salah satu inisiatif untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan baik di sektor pemerintah, terutama di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Pj Bupati Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., yang diwakili oleh Asisten III Maralobi Siregar, S.Sos., MM., secara resmi membuka Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara.

KKPD akan digunakan sebagai kartu kredit untuk membayar belanja barang dan jasa, serta belanja modal yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dengan penerapan KKPD, diharapkan dapat mengurangi idle cash dari uang persediaan pada OPD, meningkatkan keamanan, mengurangi potensi fraud, dan meminimalisir penggunaan uang tunai.

Beliau berharap peserta sosialisasi dapat aktif berpartisipasi dan memanfaatkan kesempatan ini untuk memahami secara mendalam terkait penggunaan KKPD.

Kepala Cabang PT. Bank Sumut Gunung Tua, Abdi Guna Tarigan, dalam sambutannya, menekankan pentingnya penggunaan KKPD dengan memperhatikan faktor fleksibilitas, keamanan, efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas.

"Dengan terselenggaranya sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat memahami dan mengoptimalkan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) sesuai dengan peraturan yang berlaku," ungkapnya.

Bank Sumut Cabang Gunungtua juga memberikan paparan materi mengenai alur proses implementasi KKPD, alur penerbitan KKPD, dan alur penagihan KKPD. Semua ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif kepada peserta terkait manfaat dan tata cara penggunaan KKPD dalam konteks pelayanan publik.

Penulis: Haryan