Fahd A Rafiq Bangga Indonesia Dipercaya Sebagai Tuan Rumah 10th World Water Forum 2024

Indonesia akan menjadi tuan rumah 10th World Water Forum 2024, forum global yang membahas isu-isu air penting. Simak selengkapnya di sini!

Fahd A Rafiq Bangga Indonesia Dipercaya Sebagai Tuan Rumah 10th World Water Forum 2024
Fahd A Rafiq Bangga Indonesia Dipercaya Sebagai Tuan Rumah 10th World Water Forum 2024. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Indonesia terus memperoleh kepercayaan global sebagai tuan rumah yang ramah untuk berbagai acara internasional. Kali ini, negara ini dipilih sebagai tuan rumah untuk 10th World Water Forum di Bali pada 18-24 Mei 2024 mendatang.

Forum yang difokuskan pada pembahasan isu-isu air global dan potensi sumber daya air tersebut akan melibatkan perwakilan yang tidak kurang dari 172 negara di Pulau Dewata. Ajang ini diantisipasi akan meningkatkan citra Indonesia di kancah internasional.

Indonesia telah membuktikan kemampuannya untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai agenda internasional.

Keberhasilan seperti menjadi tuan rumah acara internasional seperti Asian Games - Asian Para Games 2018, Kepresidenan G20 Indonesia 2022, Kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023, KTT AIS Forum 2023, hingga yang terbaru, penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 di empat kota.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq bangga atas pencapaian Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pada World Water Forum 2024 yang ke-10.

"Kami sangat bangga melihat Indonesia dipercayakan sebagai tuan rumah 10th World Water Forum 2024. Ini merupakan prestasi besar yang mencerminkan peran aktif Indonesia dalam panggung internasional. Generasi muda, sebagai agen perubahan, siap berkontribusi dalam forum ini untuk mendukung keberlanjutan dan pemahaman lebih baik tentang isu air global,” ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (30/12).

Dengan pencapaian Indonesia sebagai tuan rumah berbagai acara global, negara ini memenangkan voting mutlak untuk menjadi tuan rumah 10th World Water Forum 2024 mendatang di Bali.

Indonesia adalah negara ketiga di Asia, setelah Jepang dan Korea Selatan, yang dipercayai dunia untuk menjadi tuan rumah forum triwulanan ini—suatu peluang yang mungkin tidak terjadi lagi dalam 78 tahun.

Ketegangan isu lingkungan akibat perubahan iklim membuat forum ini penting untuk diketahui oleh publik, terutama generasi muda.

Generasi muda, yang dikenal dengan ketertarikan tinggi pada isu lingkungan, akan terdampak di masa depan jika tindakan mitigasi yang berarti terkait bencana terkait air tidak diambil.

“Melalui kegiatan pemuda yang mendukung isu air, generasi muda dapat membawa dampak positif dan memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia," ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (30/12).

Tema dari 10th World Water Forum, "Air untuk Kemakmuran Bersama," selaras dengan komitmen Indonesia untuk memajukan kesejahteraan umum, sejalan dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 untuk memajukan kepentingan umum.

Melalui Forum Tematik Bakohumas, Firdaus berharap peran Humas pemerintah dapat memberikan informasi secara aktif tentang 10th World Water Forum ini kepada generasi muda dengan cara yang menarik bagi mereka.

Pendekatan ini bertujuan untuk menangkap perhatian mereka dan mendorong partisipasi aktif dalam membangun masa depan di mana air berkontribusi pada kemakmuran.

10th World Water Forum adalah platform penting bagi Indonesia untuk memamerkan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan, memperkuat peran sebagai warga dunia yang bertanggung jawab.

 

Penulis : AG