Dihajar El Nino Ini Daftar Kota Di Indonesia Yang Bakal Dilanda Kemarau Parah

Seluruh masyarakat Indonesia terutama Pemerintah Daerah diminta untuk bersiap menghadapi kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan akibat siklus El Nino yang diperkirakan akan terjadi di Indonesia mulai Mei 2023.

Dihajar El Nino Ini Daftar Kota Di Indonesia Yang Bakal Dilanda Kemarau Parah
Dihajar El Nino Ini Daftar Kota Di Indonesia Yang Bakal Dilanda Kemarau Parah. Gambar : Tama66/Pixabay

BaperaNewsSeluruh masyarakat Indonesia terutama Pemerintah Daerah diminta untuk bersiap menghadapi kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan akibat siklus El Nino yang diperkirakan akan terjadi di Indonesia mulai Mei 2023.

El Nino ialah fenomena alam pemanasan suhu muka laut di atas normal. Menko Marves Luhut Binsar meminta semua pihak lakukan antisipasi dampaknya dan bersiap menghadapi kemarau panjang. Luhut menyebut semua kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah harus membuat langkah mitigasi.

Dari pengalaman tahun 2015 lalu, El Nino sempat membuat dampak kekeringan luas bahkan menyebabkan kebakaran lahan dan hutan. Kekeringan jelas akan berdampak pada produksi bahan pangan yang akhirnya berujung inflasi, hal inilah yang diwanti-wanti agar segera diantisipasi.

“Saya minta semua kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah bersiap sejak dini, hitung langkah yang harus ditempuh agar pengalaman buruk di tahun 2015 lalu tidak terulang lagi. Siapkan alat modifikasi cuaca untuk senjata menghadapi El Nino” tegas Luhut hari Jumat (28/4).

32-34 Provinsi Indonesia Diperkirakan Terdampak El Nino

BMKG menyampaikan 32-34 wilayah Provinsi Indonesia kemungkinan akan terdampak El Nino, puncak musim kering terjadi pada Agustus 2023.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko menyampaikan kondisi kekeringan bisa dilihat dari cuaca, yakni ketika intensitas hujan yang turun di bawah 100 mm per bulannya.

“Sudah kami ringkas ya, bulan Maret ada 4 Provinsi yang intensitas hujannya di bawah 100 mm, ini sudah masuk masa kekeringan” terang Jarot. 

Baca Juga : Kualitas Udara Jakarta Membaik Sejak Libur Lebaran, Tapi Kok Masih Panas?

Jumlah itu akan terus bertambah menjadi 8 Provinsi di April, 19 Provinsi di Mei, 21 Provinsi di Juni, dan 29 Provinsi di Juli. “Dan Agustus itulah bulan yang paling kering” imbuhnya. Hanya Papua Barat dan Riau yang masih punya intensitas hujan di atas 100 mm per bulan.

Berikut daftar wilayah kemarau akibat El Nino pada Mei - Agustus 2023 :

  1. Sumatera

Aceh

Bangka Belitung

Bengkulu

Kepulauan Riau

Jambi

Sumatera Barat

Sumatera Utara

Lampung

Sumatera Selatan

  1. Jawa

Banten,

DKI Jakarta,

Jawa Barat,

Jawa Tengah,

DI Yogyakarta,

Jawa Timur

  1. Kalimantan

Kalimantan Barat,

Kalimantan Tengah,

Kalimantan Selatan,

Kalimantan Timur dan Utara

  1. Sulawesi

Sulawesi Selatan,

Sulawesi Tengah,

Sulawesi Tenggara,

Gotontalo,Sulawesi Utara

  1. Bali dan Nusa Tenggara

Bali,

Nusa Tenggara Barat (NTB),

Nusa Tenggara Timur (NTT)

  1. Maluku dan Papua

Maluku,

Maluku Utara,

Papua,

Papua Selatan

Baca Juga : Kualitas Udara Jakarta Membaik Sejak Libur Lebaran, Tapi Kok Masih Panas?