Berhasil Main Lato-Lato 2 Jam Nonstop, Bocah di Sidoarjo Dapat Kambing

Seorang bocah di Sidoarjo bernama Chesta Khadafi menjadi juara 1 usai berhasil memainkan lato-lato selama 2 jam nonstop dan mendapatkan 1 ekor kambing.

Berhasil Main Lato-Lato 2 Jam Nonstop, Bocah di Sidoarjo Dapat Kambing
Bocah di Sidoarjo dapat kambing usai berhasil main Lato-lato selama 2 jam nonstop. Gambar : DetikJatim/Suparno

BaperaNews - Mainan lato-lato masih populer. Di Sidoarjo, Jawa Timur, digelar lomba lato-lato. Juaranya ialah Chesta Khadafi (10) bocah asal Kecamatan Sedati.

Chesta Khadafi (bocah di Sidoarjo) jadi juara usai berhasil main lato-lato tanpa henti selama 2 jam 7 menit, ia membawa pulang hadiah utama berupa seekor kambing.

“Rasanya sangat capek tapi saya senang dan bahagia, kambingnya saya hadiahkan untuk orang tua saya” ujar Chesta Khadafi usai lomba pada Minggu (8/1). 

Chesta Khadafi mengaku telah latihan selama seminggu, ia tidak menyangka bisa jadi juaranya. “Tidak berharap jadi juara, saat ikut lomba, saya cuma fokus bermain” imbuhnya.

Chesta Khadafi (bocah di Sidoarjo) sempat merasa grogi ketika babak penyisihan, sebab banyak peserta yang lebih besar darinya, di babak semifinal, ia semakin grogi, sebab peserta harus bisa main lato-lato dalam berbagai posisi, mulai dari duduk, berjalan, jongkok, hingga memutar.

Lomba lato-lato tersebut digelar di Desa Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo. Pesertanya ada 300 anak-anak umur 6-16 tahun dari beberapa daerah sekitar seperti Pasuruan, Surabaya, Jombang, dan Mojokerto.

Juara kedua dan ketiga lomba tersebut ialah Daffa (11) main selama 2 jam 6 menit dan Danil Satya (10) main selama 2 jam 5 menit.

Baca Juga : Viral Surat Larangan Bawa Lato-Lato Ke Sekolah Di Pesisir Barat, Lampung

“Yang ikut lomba ini 300 peserta dari berbagai kota, semua harus ikut aturan dari panitia” tutur panitia lomba lato-lato, Subeki pada Senin (9/1). Aturannya ialah, peserta harus main lato-lato selama 10 menit tanpa henti di babak penyisihan, jika berhenti artinya gugur.

Peserta yang lolos babak penyisihan kemudian dibagi lagi dalam beberapa kelompok. Peserta yang lolos masuk babak semifinal, harus bisa main lato-lato dengan berjalan memutar, jongkok, hingga duduk. Peserta yang berhasil masuk semifinal ada 43 orang.

“Dituntut main lato-lato sekuat mungkin, yang lama, dialah yang juara” lanjutnya.

Sedangkan peserta yang berhasil masuk babak final ada 3 orang, merekalah yang berhasil memainkan lato-lato paling lama, yakni Chesta Khadafi, Dffa, dan Danil.

Sebagai informasi lato-lato ialah mainan dari dua bandul mirip bola yang berisik ketika ditekankan, cara mainnya dengan menggerakkan hingga timbul bunyi, semakin lama dan cepat bunyi tek teknya, artinya ia semakin piawai memainkannya.

Baca Juga : Viral Wahana Tornado Di Dufan Berhenti Mendadak Di Atas, Ini Penyebabnya!