Bek Liga Italia, Jay Idzez Resmi Jadi WNI, Tak Sabar Bela Indonesia

Pemain sepak bola profesional asal Belanda, Jay Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Kamis (28/12).

Bek Liga Italia, Jay Idzez Resmi Jadi WNI, Tak Sabar Bela Indonesia
Bek Liga Italia, Jay Idzez Resmi Jadi WNI, Tak Sabar Bela Indonesia. Gambar : Instagram/@jayidzes

BaperaNews - Jay Idzes, seorang bek tengah yang berlaga di Liga Italia, secara resmi telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani sumpah WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jakarta pada Kamis (28/12). Keputusan ini membuat Jay Idzes menjadi pemain naturalisasi baru untuk Timnas Indonesia.

Jay Idzes, pemain sepak bola profesional asal Belanda, memiliki garis keturunan Belanda-Indonesia. Ia lahir pada 2 Juni 2000 di Mierlo, Belanda, dengan tinggi badan mencapai 190 cm.

Selama karir sepak bolanya, Jay Idzes bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan. Sebelumnya, ia membela klub-klub seperti VVV Venlo, FC Eindhoven, dan Go Ahead Eagles sebelum bergabung dengan klub Serie B Italia, Venezia, pada tahun 2023.

Proses naturalisasi Jay Idzes untuk menjadi WNI diumumkan secara resmi. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Jay Idzes terlihat saling berjabat tangan dengan penuh semangat.

Baca Juga : Shin Tae-yong Senang Timnas Indonesia Kedatangan Justin Hubner

Melalui akun Instagramnya, Erick Thohir menyampaikan ucapan selamat kepada Jay Idzes, yang saat ini bermain di Liga Italia, Venezia.

"Selamat datang di Indonesia, Jay Idzes! Saat ini Jay bermain di Liga Italia, Venezia. Jay punya komitmen yang sama untuk membangun Timnas menjadi lebih baik. Bersama-sama kita ingin membawa Garuda mendunia!" kata Erick Thohir.

Erick Thohir berharap kehadiran Jay Idzes dapat memberikan prestasi dan kontribusi positif bagi Timnas Indonesia, terutama dengan pengalaman bermainnya di level tertinggi di Liga Italia.

Jay Idzes, yang memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya, lahir di Belanda karena kedua orang tuanya telah menetap di sana.

Jay Idzes memulai karir sepak bolanya di klub lokal Mifano sebelum direkrut oleh PSV Eindhoven. Ia kemudian bergabung dengan akademi VVV Venlo and Helmodsports pada 2014 dan pindah ke FC Eindhoven pada 2016.

Setelah sukses memperkuat FC Eindhoven, Jay Idzes bergabung dengan Go Ahead Eagles pada 2020 sebelum akhirnya melanjutkan karier di klub Italia, Venezia.

Baca Juga : Radja Nainggolan dapat Gaji Fantastis di Bhayangkara FC Senilai Rp5 Miliar Hanya untuk Setengah Musim