Viral Video Pria Diminta Bocil Berhenti Salat, Penyebabnya Tak Terduga

Dalam video yang beredar luas, seorang anak kecil dengan berani meminta pria yang sedang salat untuk berhenti karena salah arah kiblat. Baca selengkapnya di sini!

Viral Video Pria Diminta Bocil Berhenti Salat, Penyebabnya Tak Terduga
Viral Video Pria Diminta Bocil Berhenti Salat, Penyebabnya Tak Terduga. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Instagram/@fahrur_rozysh

BaperaNews - Video viral menampilkan momen menarik di dalam sebuah masjid. Dalam video tersebut, seorang lelaki tengah khusyuk menjalankan ibadah salat di dalam masjid. Namun, kekhusyukannya terganggu ketika seorang anak kecil mendekatinya.

Dalam video tersebut, tampak si anak kecil dengan pakaian santai, celana pendek biru dan kaos putih, serta sarung yang diikatkan ke punggungnya. Tanpa ragu, anak tersebut menghampiri lelaki yang sedang salat, bahkan memegang pundaknya seraya meminta agar berhenti salat.

Awalnya, lelaki tersebut tidak bereaksi dan mencoba untuk tetap khusyuk dalam ibadahnya. Namun, ketegasan si anak kecil membuatnya akhirnya menoleh dan mendengarkan. Ternyata, ada alasan kuat di balik permintaan anak tersebut, yakni lelaki yang sedang salat tersebut salah arah kiblat.

Dalam momen yang terekam dalam video tersebut, si anak kecil dengan penuh kesabaran menunjukkan arah kiblat yang benar kepada lelaki tersebut. Respons lelaki tersebut juga patut diacungi jempol, karena ia dengan tulus mengucap istighfar dan berterima kasih kepada si anak.

Video pria berhenti salat karena salah kiblat ini pun menjadi perbincangan hangat di media sosial, mendapat beragam tanggapan dari netizen. Banyak yang memberikan pujian kepada aksi tegas dan peduli si anak kecil, sementara yang lain mengapresiasi respons positif dari lelaki tersebut.

Baca Juga: Viral! Setiap Jemaah Salat Tarawih di Malang Dikasih Hadiah Uang Rp50 Ribu

"Terimakasih nak suda meluruskan dengan caramu sendiri, tolong di bimbing anaknya agar lebih mengenal ilmu agama agar jika terulang kembali ia suda paham cara mengarahkan dengan ilmu agama yg benar," komentar salah satu akun.

"Bisa² nya dek kamu ga ketawa atau sekedar senyum," timpal netizen lain.

Menurut informasi yang dikutip dari kitab Fiqih Sunah karya Sayyid Sabiq, dalam bab salat dijelaskan bahwa bagi mereka yang dapat melihat langsung Ka'bah, wajib untuk salat menghadap kiblat. Namun, bagi yang tidak bisa melihat langsung, wajib menghadap ke arah kiblat saja.

Dalam situasi di mana seseorang tidak mengetahui arah kiblat, ada beberapa metode yang dapat dilakukan seperti menggunakan kompas atau bertanya kepada orang sekitar yang mengetahui arah kiblat. Namun, jika tidak memungkinkan, seseorang diwajibkan untuk berijtihad sendiri untuk menentukan arah kiblat.

Baca Juga: Salat Tarawih Terlama di Ponpes Magetan, Lafalkan 30 Juz Selama 8 Jam