Robert Kennedy Jr, Keponakan JFK, Resmi Mengumumkan Pencalonannya dalam Pilpres AS 2024

Robert Kennedy Jr, keponakan dari Presiden John F Kennedy, mengumumkan pencalonannya sebagai Presiden AS 2024.

Robert Kennedy Jr, Keponakan JFK, Resmi Mengumumkan Pencalonannya dalam Pilpres AS 2024
Robert Kennedy Jr, Keponakan JFK, Resmi Mengumumkan Pencalonannya dalam Pilpres AS 2024 Gambar : Kennedy24.com

BaperaNews - Robert Kennedy Jr, keponakan dari presiden ke-35 AS, John F Kennedy (JFK), secara resmi telah mengumumkan pencalonannya sebagai Presiden Amerika Serikat dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024, pada Rabu (19/4). Mengusung tajuk antivaksin, Kennedy Jr akan memperberat persaingan dalam laga politik mendatang.

Robert Kennedy Jr, yang dikenal dengan advokasi lingkungannya dan sikap skeptisnya terhadap vaksin, berdiri sebagai sosok yang kontroversial dalam lanskap politik Amerika saat ini. 

"Saya datang ke sini hari ini untuk mengumumkan pencalonan saya sebagai calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat." Kennedy menyatakan dalam kampanyenya yang dilakukan di Massachusetts. Kennedy Jr merupakan putra dari Robert F Kennedy, mantan senator New York dan jaksa agung AS yang dibunuh pada 1968, dan keponakan dari JFK yang tewas pada 1963.

Rencananya, untuk maju sebagai calon independen membuat gelombang baru dalam dinamika politik AS, mengingat beberapa media melaporkan bahwa dia akan menantang Joe Biden sebagai kandidat dari Partai Demokrat.

Kennedy Jr menyatakan kekecewaannya terhadap Partai Demokrat yang menurutnya telah menyatu dengan tim kampanye Biden, memberikannya tantangan yang tidak adil dalam pencalonan.

Bahkan, Joe Biden, yang telah menyatakan niatnya untuk mencalonkan diri kembali, telah menunjukkan keunggulannya dalam beberapa jajak pendapat dengan selisih persentase satu atau dua digit atas Kennedy Jr.

Baca Juga : Minta Bantuan Terus Menerus, Joe Biden Bentak Zelensky: Tidak Tahu Terima Kasih

Di balik kritik dan ketidakpercayaan Kennedy Jr terhadap vaksin, dia juga dikenal sebagai pengacara lingkungan dengan kontribusi yang signifikan dalam pembersihan Sungai Hudson dan pekerjaannya dengan Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam.

Dia telah berpartisipasi aktif dalam berbagai organisasi lingkungan dan telah ikut mendirikan firma hukum lingkungan, menyoroti komitmennya pada isu-isu lingkungan.

Kemunculan Robert Kennedy Jr dalam pemilu AS 2024 mendatangkan tantangan baru untuk kedua partai besar, baik Partai Demokrat maupun Partai Republik, yang diperkirakan akan diwakili oleh mantan Presiden Donald Trump.

Pencalonan Kennedy Jr dapat menggoyahkan basis suara kedua kandidat utama tersebut. Menurut jajak pendapat oleh FiveThirtyEight, simpatisan Partai Republik cenderung lebih menyukai Kennedy Jr dibandingkan dengan pendukung Partai Demokrat. Hal ini mengindikasikan potensi dampak signifikan pada kampanye Trump, yang saat ini menghadapi empat tuntutan pidana.

Meski memiliki namanya yang sangat dikenal, pencalonan Kennedy Jr menambah kesulitan bagi Biden yang diperkirakan akan mengumumkan pencalonan resminya di akhir tahun ini.

Terlepas dari pandangannya yang kontroversial mengenai vaksin, Robert Kennedy Jr menekankan pentingnya mengakhiri perpecahan politik di Amerika Serikat dengan menyampaikan kebenaran kepada masyarakat.

Selama beberapa puluh tahun, Kennedy Jr telah mengemukakan berbagai teori konspirasi tentang vaksin, menghubungkannya dengan autisme dan secara terus menerus mengkritik penanganan pandemi oleh pemerintah AS. Pandangannya telah menciptakan gesekan bahkan di dalam keluarganya sendiri, dengan beberapa anggota keluarga mengecam pandangan anti-vaksinnya.

Dalam persaingan yang semakin memanas menjelang pemilu AS 2024 antara Trump, Biden, dan kini Robert Kennedy Jr, pemilih Amerika dihadapkan pada pilihan yang sulit. Akan menjadi perhatian, bagaimana keponakan JFK ini dengan latar belakang dan pandangan-pandangannya yang akan mengguncang peta politik Amerika Serikat dalam waktu mendatang.

Baca Juga : Berbagai Ramalan Di Film The Simpsons Jadi Nyata, Dari Trump Hingga Perang Rusia