Paul McCartney Sukses Buat Lagu Terakhir The Beatles Pakai AI

Paul McCartney mengungkap bahwa The Beatles sedang siapkan lagu terakhir menggunakan teknologi AI. Lagu tersebut memanfaatkan suara John Lennon yang diambil dari rekaman demo. Baca selengkapnya di sini.

Paul McCartney Sukses Buat Lagu Terakhir The Beatles Pakai AI
Paul McCartney Sukses Buat Lagu Terakhir The Beatles Pakai AI. Gambar : Spotify

BaperaNews - Paul McCartney mengungkap sedang siapkan lagu baru untuk The Beatles. Lagu tersebut belum dirilis namun sudah selesai direkam bersama 3 personel The Beatles lainnya.

Paul McCartney menjelaskan, lagu terakhir The Beatles yang ia buat bisa terwujud karena bantuan dari AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Paul McCartney menyebut teknologi AI ini bisa mengambil suara John Lennon di dalam lagu dengan sangat jernih.

“ketika kami datang untuk kerjakan apa yang semula jadi rekaman lagu terakhir The Beatles, itu ialah demo milik John yang kami kerjakan dan kami baru saja selesaikannya, itu akan kami rilis di tahun 2023 ini. Kami bisa menggunakan suara John dan membuatnya lebih jernih dengan AI. Jadi kami bisa menggabung rekaman seperti yang biasa kami kerjakan” kata Paul hari Rabu (14/6).

Gitaris The Beatles yang turut andil dalam lagu terakhir The Beatles itu mengatakan cukup dengan mengikuti perkembangan AI meski tidak sering memakai internet, mampu membuat segala sesuatu jadi lebih mudah. Kecanggihan AI ini awalnya diketahui Paul ketika ia mendengar John Lennon menyanyikan lagu miliknya dengan teknologi tersebut.  Namun Paul juga merasa teknologi ini “agak menakutkan”.

“Itu ialah yang sedang kita hadapi dan diterima pada saat ini. Ada sisi baiknya tapi ada juga sisi menakutkannya, kita hanya harus melihat kemana arahnya” pungkas Paul. 

Baca Juga : Bring Me The Horizon Bakal Rilis Album Terbaru Pada September 2023

Diketahui teknologi AI bisa lakukan apa saja seolah memiliki kemampuan dan kecerdasan seperti manusia. Bisa mengerjakan sebuah tugas, diajak komunikasi layaknya manusia, hingga bernyanyi menirukan suara orang lain dengan hasil yang sangat mirip.

The Beatles sendiri terakhir mengeluarkan album pada tahun 1970 bertajuk “Let it Be” dimana album tersebut jadi album kerjasama terakhir John Lennon, George Harrison, Ringo Starr (band), dan Paul. Band tersebut telah dipenuhi konflik internal sejak tahun 1960an.

Sejumlah masalah yang pernah muncul ialah kematian manajer mereka yang bernama Brian Epstein tahun 1967, perang ego antar personel, hingga konflik memuncak ketika album Let it Be dirilis.

The Beatles terakhir kali tampil dengan formasi lengkap pada 22 Agustus 1969 di sebuah sesi foto band Tittenhurst Park, Inggris. Setelahnya mereka bubar pada 29 Desember 1074 dengan proses panjang karena sengketa hukum.

Keempat anggota The Beatles sempat dikabarkan akan reuni dengan formasi lengkap namun tak kunjung terjadi sampai salah satu personelnya, John meninggal dunia di tahun 1980. Anggota lain, George juga tutup usia di tahun 2001 hingga kini personel tinggal Paul dan Ringo.

Baca Juga : Charlie Puth Konser di Jakarta Oktober 2023, Segini Harga Tiketnya!