Tak Punya AC? Ini 8 Tips Menjaga Rumah Tetap Dingin Tanpa AC

Di musim kemarau di Indonesia membuat suhu ruangan menjadi panas dan tak tertahankan, berikut tips menjaga rumah tetap dingin tanpa AC.

Tak Punya AC? Ini 8 Tips Menjaga Rumah Tetap Dingin Tanpa AC
Tips menjaga rumah tetap dingin tanpa AC. Gambar : finance.detik.com

BaperaNews - Indonesia ialah Negara tropis, baik musim panas atau musim hujan seringkali masih ada cuaca panas. Hal ini membuat kita ingin memakai pendingin ruangan seperti AC (air conditioner). Namun, penggunaan AC tentu membutuhkan biaya listrik yang tidak murah.

Sebenarnya, ada sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk membuat rumah tetap sejuk tanpa harus memakai AC.

Berikut Tips Menjaga Rumah Tetap Dingin Tanpa AC :

  1. Modifikasi Kipas Angin

Kipas angin dan semangkuk es, bisa menciptakan hembusan angin laut tiruan. Isi mangkuk dengan es batu dan letakkan di depan kipas angin. Nyalakan kipasnya, maka udara di rumah Anda akan mirip seperti angin yang berkabut.

  1. Tirai Pendingin

Memiliki banyak jendela seringkali tidak cukup untuk membuat udara sejuk, namun justru memudahkan panas masuk ke dalam rumah. Untuk mengakalinya, cobalah semprot air dingin di tirai pintu atau jendela, angin yang melalui kain akan membuat udara lebih lembab dan dingin, membantu menurunkan suhu di rumah.

  1. Kaca Film Berinsulasi

Kaca film banyak manfaatnya, salah satunya mengurangi pancaran panas yang masuk ke dalam rumah hingga 90%, menghemat energi, juga memberi privasi lebih untuk bisa melihat pemandangan tanpa terlihat dari luar.

  1. Dinginkan bantal

Masukkan bantal ke dalam kulkas dan keluarkan ketika hendak tidur, hal ini akan membantu memberi suasana sejuk dan tenang sebelum tidur. Anda juga bisa membeli bantal khusus yang berisi gel pendingin.

  1. Memasang Kanopi

Kanopi di jendela bisa membantu melindungi rumah dari panas matahari dan otomatis akan mengurangi jumlah panas yang diserap oleh rumah.

Baca Juga : Apa Definisi Kurus? Bagaimana Cara Menentukan Tubuh Yang Terlalu Kurus?

  1. Menanam tanaman merambat

Tanaman merambat dan pepohonan lainnya memberi rasa teduh untuk penghuni rumah, tanam bunga ungu, tanaman janda merana, atau daun dolar dan pepohonan lainnya, rumah Anda akan terasa lebih sejuk.

  1. Hindari Lampu Pijar

Lampu pijar mengeluarkan panas sejalan dengan energi cahaya yang dikeluarkannya, jadi Anda bisa beralih ke lampu fluresen yang bisa menghemat listrik sekaligus membantu mendinginkan rumah.

  1. Pasang Kipas Angin

Kipas angin membuat udara tetap bergerak dan mengalirkan udara panas, letakkan di jendela atau lorong agar bisa menciptakan udara sejuk dan menarik angin sepoi-sepoi dari luar.