Kapal Ferry Tenggelam di Buton Tengah, 15 Orang Dinyatakan Tewas

Sebuah kapal tenggelam di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Belasan penumpang kapal tewas akibat insiden tersebut.

Kapal Ferry Tenggelam di Buton Tengah, 15 Orang Dinyatakan Tewas
Kapal Ferry Tenggelam di Buton Tengah, 15 Orang Dinyatakan Tewas. Gambar : Dok. Basarnas Kendari

BaperaNews - Sebuah kapal tenggelam di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Belasan penumpang kapal tewas akibat insiden tersebut.

Sejumlah penumpang juga masih dicari keberadaannya sementara penumpang yang selamat masih dalam perawatan di rumah sakit.

Tim SAR masih lakukan pencarian pada korban yang hilang. Kapal tenggelam di Buton Tengah terjadi tepatnya di teluk Mawasangka Tengah, Buton Tengah hari Senin (24/7) pukul 00.00 WITA.

Kapal tersebut ialah kapal penyeberangan antar desa dari Desa Lanto ke Lagil. Kapal hilang di Buton Tengah ketika hendak menuju Desa Lagil setelah berangkat dari Desa Lanto di Kecamatan Mawasangka Tengah.

15 Korban Kapal Ferry Buton Tengah Dinyatakan Tewas

Sebanyak 15 penumpang Kapal Ferry Buton Tengah dinyatakan meninggal dunia, Para korban yang meninggal dunia telah diserahkan pada keluarganya.

“Laporan terbaru 15 penumpang tewas. Korban hilang Kapal Ferry Buton Tengah yang tewas telah diidentifikasi di Puskesmas Mawasangka Timur dan diserahkan pada keluarganya.

Daftar penumpang yang tewas ialah Yanti (20), Saryana (38), Narti (19), Elena (24), Nurasafila (26), Eti (18), Darni (17), Lakiran (46), Afkar (15), Gadis (16), Irma (17), Rifal (16), Waunde (37), Lusnawati (17), dan Kisan (7).” kata Humas Basarnas Kendari, Wahyudi.

Baca Juga : Tagih Utang Negara, BLBI Sita The East Tower

27 Orang Sempat Hilang, Kini Telah Ditemukan Selamat

Sebelumnya, terdapat 27 orang dinyatakan hilang namun kini telah ditemukan selamat, Humas Basarnas Kendari Wahyudi mengungkapkan bahwa 27 penumpang yang dilaporkan hilang ternyata sudah berada di rumah masing-masing. Mereka menyelamatkan diri saat kapal tenggelam dengan berenang ke bibir pantai.  

Ketika terjadi kapal hilang di Buton Tengah, kapal membawa 48 orang penumpang. Sementara jumlah orang yang selamat 33 orang. 3 orang penumpang masih dalam perawatan dokter Puskesmas Mawasangka Timur.

Dengan demikian, pencarian korban Kapal Ferry ini resmi dihentikan, dengan kesimpulan 15 orang tewas, 33 orang selamat.

Kapal Bawa Penumpang Konser

Kapal yang tenggelam membawa warga yang baru saja menonton konser dalam rangka HUT Buton Tengah ke-9. HUT Buton Tengah ke-9 dilaksanakan perayaannya di Lapangan Lakorua, Kecamatan Mawasangka Tengah pada hari Minggu (23/7).

Kapal membawa penumpang setelah acara selesai namun dalam perjalanan kapal mengalami insiden tenggelam.

“Warga yang naik kapal adalah mereka yang baru pulang dari acara nonton konser dalam rangka HUT Buton Tengah ke-9” pungkas Wahyudi.

Belum diketahui sebab pasti kapal tenggelam di Buton Tengah ini. Pihak berwenang dan aparat terkait masih lakukan penyelidikan sembari mencari korban yang hilang dan memberi perawatan medis pada korban yang selamat.

Baca Juga : Pejabat Kementerian ESDM Resmi Ditahan Kejagung